27 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin (2021)

Prospek Kerja Teknik Mesin
Photo by Aaron Huber on Unsplash

Kamu ingin masuk kuliah ke program studi teknik mesin? Tapi kamu masih bingung, apa saja sih prospek kerja dan karir yang tepat ketika kamu telah menjadi lulusan teknik mesin?

Oke, kali ini saya akan membahas tentang peluang kerja dari lulusan teknik mesin dan tentunya berapa gaji yang akan didapatkan.

Setelah itu, saya akan membahas beberapa kampus atau universitas yang membuka program studi teknik mesin baik untuk lulusan sarjana maupun diploma.

Namun, kamu juga masih bingung ingin mendaftar ke kampus mana yang ada prodi teknik mesin nih?

Baik itu kampus perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, atau bahkan kamu ingin melanjutkan kuliah teknik mesin ke luar negeri.

Sebelum tahu lebih lanjut tentang prospek kerja dan tugas dari seorang lulusan teknik mesin, sebaiknya kita bahas dahulu tentang jurusan teknik mesin.

#Apa itu teknik mesin?

Agaknya, sebagian dari kamu masih belum tahu tentang apa itu teknik mesin atau sering dikenal mechanical engineer.

Bagi kamu yang sudah tahu, maka kamu punya nilai lebih tentunya.

Teknik mesin adalah ilmu teknik yang mempelajari penerapan dan teknik pemecahan masalah teknik mulai dari desain hingga manufaktur untuk membawa produk tersebut ke pasar.

Insinyur mesin akan melakukan analisis pekerjaan menggunakan prinsip dari gerak, energi, dan gaya serta memastikan desain dapat berfungsi dengan aman, efisien, andal dengan biaya yang kompetitif.

Di samping itu, engineer mesin akan berfokus pada menciptakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama dalam bentuk produk atau layanan.

Masalah yang perlu dipecahkan untuk membantu kehidupan manusia tersebut bisa berupa perawatan kesehatan, energi, transportasi, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan masih banyak lagi.

Berkaitan dengan itu, peran insinyur mesin sangat penting dalam memainkan berbagai macam jenis industri seperti dirgantara, otomotif, bioteknologi, komputer, elektronik, energi, robotika, otomasi, dan tentunya manufaktur.

#Prospek Kerja dari Teknik Mesin

Pastinya, ilmu dari teknik mesin sangat diperlukan bagi suatu organisasi maupun perusahaan yang bergerak di jenis bidang.

Oleh sebab itu, tidak heran banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik mesin untuk mengisi berbagai macam jenis pekerjaan.

Pada prinsipnya, kamu bisa bekerja di lembaga, pemerintahan, instansi, industri, perusahaan swasta, perusahaan multinasional, bahkan mendirikan usaha sendiri.

Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu ambil untuk lulusan teknik mesin ini antara lain:

#1. Machine Learning Engineer

Selama beberapa tahun belakang ini, dunia teknologi telah memaksa masuknya kecerdasan buatan ke dalam perusahaan dengan cepat.

Seorang machine learning engineer atau ML engineer merupakan pemogram komputer namun berfokus dalam melakukan programming ke mesin untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Kamu akan bertugas dalam membuat program yang memungkinkan mesin untuk mengambil sebuah tindakan tanpa diarahkan untuk melakukan suatu tugas.

Salah satu contoh nyata penggunaan teknologi machine learning dalam kehidupan sehari-hari adalah penerapan rekomendasi layanan dari Netflix atau Youtube.

Mesin tersebut akan diprogram serta akan melihat apa yang kamu tonton, membandingkan dengan kebiasaan dan preferensi, lalu kemudian merekomendasikan daftar pilihan yang menurutnya akan kamu tonton.

Kamu lulusan teknik mesin dan tertarik untuk berkarir sebagai machine learning engineer?

#2. Robotic Engineer

Barangkali kamu lulusan teknik mesin yang suka dengan dunia robotik maka kamu bisa menjadi seorang robotic engineer.

Seorang insinyur robotik bertanggung jawab dalam menciptakan robot dan sistem robotik yang bisa melakukan tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia.

Dengan suatu kreativitas, maka insinyur robotik bisa membantu membuat pekerjaan menjadi lebih aman, lebih mudah, lebih efisien, terutama di industri manufaktur.

Akan tetapi, untuk menjadi robotic engineer kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk merancang rencana dalam membangun robot.

Sebelum pembuatan robot, para engineer akan meneliti dan menentukan dengan tepat untuk apa robot tersebut akan digunakan.

Beberapa profesional robotik akan bertanggung jawab dalam merancang mesin untuk merakit robot.

Setelah proses desain selesai maka baru akan melanjutkan ke arah perakitan unit.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang robotic engineer dibutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk mencapai tujuan dalam pembuatan robot.

#3. Automation Engineer

Hampir mirip dengan robotic engineer, salah satu prospek kerja teknik mesin yang lain yaitu automation engineer.

Walaupun terkadang proses robot dan otomasi bisa berlangsung secara bersamaan dan saling berhubungan, namun keduanya tetap berbeda.

Robotika merupakan proses dari mendesain, membuat, dan menggunakan robot untuk menjalankan berbagai tugas tertentu.

Sedangkan otomasi merupakan proses menggunakan mesin fisik, software komputer, dan teknologi lain untuk melakukan tugas yang biasanya dikerjakan oleh manusia.

Sebagai seorang automation engineer, kamu akan menggunakan teknologi untuk meningkatkan, menyederhanakan, dan melakukan otomatisasi proses dari manufaktur.

Selain itu, kamu harus mampu memahami proses dan kebutuhan untuk memilih instrumen yang sesuai dalam memantau dan mengontrol semua variabel yang diperlukan.

Saat ini, automation engineering sangat penting menjadi bagian dari berbagai industri karena akan melakukan penyederhanaan proses yang bisa menghasilkan sistem lebih hemat biaya dan efisien.

Industri yang menggunakan rekayasa otomasi antara lain industri farmasi, medis, makanan dan minuman, minyak dan gas, industri pertambangan dan ekstraksi logam, dan masih banyak lagi.

#4. Aerospace Engineer

Barangkali kamu merupakan lulusan teknik mesin yang tertarik untuk membuat sesuatu yang bisa terbang maka karir insinyur dirgantara menjadi terbaik untukmu.

Aerospace engineer bertugas dalam mendesain, konstruksi, dan pemeliharaan untuk pesawat termasuk pesawat ruang angkasa, peluru kendali, dan sistem senjata.

Sebagai aerospace engineer mungkin kamu akan berfokus pada keselamatan penerbangan, biaya dari pengoperasian, efisiensi bahan bakar, dan dampak terhadap lingkungan.

Aerospace engineer kemungkinan akan punya pilihan dalam sisi penelitian, pengembangan, pengujian, maupun pemeliharaan.

Selain itu, sebagai aerospace engineer kamu juga bertugas dalam menghitung biaya proyek, menghitung lama proyek, menulis dokumentasi, serta meningkatkan dan mengembangkan teknologi baru.

#5. Automotive Engineer

Bagi kamu lulusan teknik mesin dan tertarik dengan dunia otomotif maka bisa berkarir sebagai automotive engineer.

Menjadi seorang insinyur otomotif merupakan profesi yang menjanjikan saat ini maupun di masa yang akan datang namun sangat menantang.

Automotive engineer bertugas dalam melakukan penelitian, merancang, dan mengembangkan kendaraan dan komponennya berdasarkan kebutuhan.

Industri otomotif menjadi industri yang masif dan berubah dengan sangat cepat dan pastinya sangat mengasyikan untuk kamu pencinta otomotif.

Sebagai automotive engineer, kamu akan mendesain, melakukan testing kendaraan, dan memantau proses produksi kendaraan yang menggunakan otomasi.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan berbagai aspek seperti aerodinamis, energi, lingkungan, dan keselamatan dari proyek yang direncanakan.

Di samping itu, automotive engineer juga bertugas dalam menyelidiki jika ada kegagalan produk serta mempersiapkan perkiraan biaya dan spesifikasi desain.

Tertarik untuk mencoba salah satu prospek kerja dari lulusan teknik mesin ini?

#6. CAD Technician (Computer-Aided Design Technician)

Kamu lulusan teknik mesin serta mempunyai hobi dalam desain dan menggambar teknis?

Seorang teknisi CAD akan menggunakan software CAD untuk membuat dan merencanakan gambar teknik untuk produk dan suku cadang yang akan digunakan dalam industri teknik, konstruksi, dan manufaktur.

Teknisi CAD akan menggunakan pengetahuan dan keterampilan teknik, teknologi informasi, matematika dalam merancang sebuah mesin, produk, bangunan, dan suku cadang.

Selain itu, kamu juga akan bekerja sama dengan arsitek dan insinyur desain untuk memahami kebutuhan desain awal dan mengubahnya menjadi gambar teknis yang akurat dan rinci dalam suatu model 2D maupun 3D.

Teknisi CAD yang pada umumnya bekerja dalam industri teknik biasanya akan mengambil spesialisasi dalam bidang teknis tertentu seperti mekanik, kelistrikan, struktural, kontrol, instrumentasi, desain pipa.

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan keterampilan CAD dalam berbagai karir industri kreatif seperti desain dan interior desain.

#7. Software Engineer

Perkembangan dunia IT membuat kebutuhan akan karir sebagai insinyur perangkat lunak meningkat di berbagai sektor kehidupan termasuk bidang keuangan, pendidikan, jasa, dan banyak lagi.

Tidak hanya lulusan komputer saja yang bisa jadi software engineer karena lulusan teknik mesin juga bisa berpeluang berkarir di sini.

Software engineering merupakan cabang ilmu komputer tentang pengembangan dan pembangunan software sistem komputer dan software aplikasi.

Sebagai seorang software engineer kamu akan menerapkan analisis matematika dan prinsip logika komputer untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak.

Ketika berkarir di software engineer kamu harus mengambil spesialisasi dan harus belajar banyak hal baru karena profesi berkembang dengan pesat.

Ada banyak jenis perangkat lunak yang bisa oleh seorang software engineer seperti perangkat lunak sistem operasi, permainan, software middleware, aplikasi bisnis, dan software untuk kontrol jaringan.

Di samping itu, sebagai software engineer kamu akan melakukan analisis kebutuhan klien, merancang, menguji, kemudian mengembangkan perangkat lunak komputer dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

#8. Test Engineer

Test engineer bertugas untuk memeriksa dan melaporkan kualitas produk melalui seluruh siklus produksi.

Akan tetapi, semua itu tergantung dari produknya yakni menggunakan spesifikasi berbeda untuk memeriksa kualitas, fungsionalitas, daya tahan, keamanan, dan kecepatan.

Kamu akan menjalankan pengujian pada berbagai komponen dan fitur untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah teknis.

Selain itu, sebagai seorang test engineer kamu akan melakukan pemeriksaan terhadap material, prosedur, dan sistem mekanis maupun kelistrikan untuk memastikan para pelanggan mendapatkan produk dengan kualitas tinggi.

#9. Research and Development Engineer

Research and development engineer pada umumnya melakukan penelitian dan pengujian dari ide produk, mengembangan produk baru, dan melakukan desain ulang dari produk.

Tugas R&D engineer biasanya berbeda tergantung pada industri tempat bekerja dan pada umumnya bekerja di perusahaan manufaktur, kelistrikan, maupun sains.

Di samping itu, kamu akan mengembangkan teknologi baru, merancang produk, dan mengelola proyek sampai selesai.

Selain itu, sebagai research and development engineer kamu akan memimpin anggota tim dan berkolaborasi dengan departemen lain untuk mengembangkan produk baru, mengelola jadwal dan merancang rencana proyek.

#10. Product Design Engineer

Product design engineer bertugas dalam meneliti dan mengembangkan produk fisik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan itu, kamu juga akan berperan dalam meningkatkan kinerja produk yang sudah ada dalam desain dan fungsionalitas.

Ada beberapa tanggung jawab sebagai product design engineer yang perlu kamu antara lain menganalisis persyaratan desain produk, menghasilkan ide dan mengembangkan prototipe, menentukan persyaratan dan proses manufaktur, melakukan evaluasi produk dan menerapkan feedback.

Selain itu, sebagai product design engineer harus mempunyai kreativitas dan inovatif dalam melakukan pekerjaan mereka.

#11. Operations Manager

Operations manager atau manajer operasi mampunyai peran dalam perusahaan yang menawarkan produk dan layanan, serta bertanggung jawab atas aspek operasi dan produksi di perusahaan.

Kamu akan bertugas untuk mengawasi produksi barang dan melakukan apa pun yang mungkin bisa meningkatkan efisiensi mesin produksi bisnis.

Seorang manajer operasi akan merencanakan dan mengatur kegiatan bisnis, badan pemerintah, dan juga organisasi non profit.

Akan tetapi, tugas manajer operasi bisa bervariasi tergantung dari organisasi tersebut.

Tugas tersebut kemungkinan juga mencakup meninjau informasi anggaran, memantau laporan biaya, menafsirkan data keuangan, koordinasi tugas untuk staf, dan melakukan analisis biaya serta manfaat.

#12. Energy Engineer

Energy engineer atau insinyur energi bertugas dalam merancang sistem yang membuat bangunan atau bisnis menjadi lebih hemat energi.

Saat berkarir di bidang ini, kamu akan memanfaatkan energi dari pertambangan maupun sumber energi terbarukan.

Sebagai seorang insinyur energi kamu akan terlibat dalam produksi energi melalui sumber data alam seperti ekstraksi minyak dan gas, serta dari sumber energi terbarukan termasuk biofuel, hidro, angin, maupun energi surya.

Fokus kamu sebagai energy engineer yakni menemukan cara yang efisien, bersih dan inovatif dalam memasok energi.

Di samping itu, sebagai insinyur energi mungkin kamu akan mengambil spesialisasi seperti bidang pemanas, ventilasi, AC, penerangan, kualitas udara, atau lainnya.

#13. Sales Engineer

Sebagai lulusan teknik mesin kamu juga berpeluang untuk menjadi sales engineer.

Sales engineer akan menggunakan keterampilan teknis untuk menjelaskan manfaat produk atau layanan kepada calon pelanggan.

Beberapa sales engineer yang bekerja pada perusahaan juga merancang dan membuat produk.

Di samping itu, kamu akan juga akan bekerja sama dengan staf penjualan lain seperti perwakilan penjualan grosir dan manufaktur yang berfokus pada pemasaran dan penjualan produk.

Selain itu, sebagai seorang sales engineer juga melakukan tugas lain seperti riset pasar yang bisa berupa meminta persyaratan teknis dari pelanggan dan melakukan perubahan serta menyesuaikan produk dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

#14. Quality Control Engineer

Quality control engineer bertugas dalam memastikan produk bisnis memenuhi standar tinggi karena bisnis yang baik tahu bahwa produk dan layanan terbaik yang akan menarik pelanggan.

Sebagai seorang quality control engineer kamu akan melakukan pengujian produk baru dan menentukan apakah produk tersebut bisa memenuhi standar bisnis dalam hal keadalan, daya tahan, dan fungsionalitas.

Tugas dari engineer ini diharapkan mampu membantu perusahaan mendapatkan penjualan yang menguntungkan.

Dalam hal ini, ketika perusahaan memproduksi barang berkualitas akan membantu integritas bisnis, meningkatkan nama brand, sehingga akan menarik lebih banyak pelanggan.

Di samping itu, quality control engineer juga bertanggung jawab untuk menentukan apa penyebab umum kegagalan dari sebuah produk dan mengembangkan metode untuk memperbaiki keleman tersebut.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja dari lulusan teknik mesin ini?

#15. Maintenance Engineer

Mungkin kamu tertarik untuk berkarir menjadi salah satu prospek kerja dari teknik mesin ini yaitu maintenance engineer?

Maintenance engineer bersertifikat bertugs dalam memasang, memecahkan masalah, dan memperbaiki jenis peralatan tertentu.

Kamu akan menggunakan teknologi seperti PLC (Programmable Logic Controllers) untuk melakukan diagnosis kegagalan dari peralatan dan pelatihan khusus dalam memulihkan peralatan operasional.

Maintenance engineer biasanya akan bekerja pada pabrik industri dan organisasi dengan fasilitas besar yang akan mendapatkan manfaat tersebut.

Oleh karena itu, maintenance engineer bertindak sebagai teknisi pemeliharaan dan penjadwal pemeliharaan, yang mana tingkat tanggung jawab dan keahlian tergantung pada jenis fasilitas tempat bekerja.

#16. Powertrain Engineer

Powertrain engineer merupakan insinyur mekanik yang bekerja pada industri otomotif.

Sebagai insinyur powertrain kamu akan meningkatkan tampilan dan kinerja mesin, rangkaian tenaga, komponen kelistrikan, dan software pada kendaraan modern.

Dengan demikian, kamu akan bekerja dalam proyek pembuatan sepeda motor, mobil, kendaraan komersial, truk, dan lain sebagainya.

Di samping itu, sebagai powertrain engineer kamu akan menentukan jadwal dan anggaran proyek, membangun dan menguji prototipe, melakukan analisis data dan bahan penelitian.

Setelah itu, kamu juga akan memastikan kendaraan memenuhi syarat dalam emisi dan keselamatan.

#17. Instrumentation Engineer

Instrumentation engineer berfokus dalam peralatan yang memantau dan mengontrol sistem teknik.

Kamu akan bertugas dalam merancang, membuat, memasang, mengelola, dan memelihara peralatan sistem teknik lain dapat bekerja dengan benar.

Instrumentation engineer sering bertindak sebagai konsultan dan menawarkan saran tentang sistem, proses, dan peralatan.

Di samping itu, kamu akan sering menulis program software, proposal bisnis, dan laporan.

Kamu bisa berkarir di banyak industri yang berbeda termasuk bidang energi nuklir dan terbarukan, badan lingkungan, dan bagian quality control.

#18. HVAC Engineer

Bagi yang belum tahu, HVAC merupakan kependekan dari Heating, Ventilation, Air Conditioner.

HVAC engineer bertugas dalam merancang sistem pemanas, ventilasi, AC (air conditioner), dan pendingin serta sistem pendingin.

Sekarang ini, HVAC menjadi bagian yang sangat penting dari bangunan modern.

Tanggung jawab utama dari HVAC engineer berpusat pada desain sistem, namun bisa tergantung dari klien karena bisa juga kamu bertugas dalam pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan.

Di samping itu, ada beberapa pertimbangan untuk HVAC engineer dalam merancang sistem agar sesuai dengan kebutuhan untuk rumah sakit, restoran, sekolah, maupun area untuk ruang komputer server.

Selain itu, engineer HVAC juga mempunyai spesialisasi karir mulai dari desain, mekanik, hingga project manager, dan lainnya.

#19. Data Scientist

Mungkin kamu lulusan teknik mesin yang sangat tertarik dengan data dan statistika maka bisa mencoba berkarir menjadi seorang data scientist.

Sebagai seorang data scientist kamu akan bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis kumpulan big data baik terstruktur maupun tidak terstruktur.

Data scientist akan menggabungkan cabang ilmu komputer, statistika, dan tentunya matematika.

Kamu akan menganalisis, memproses, dan memodelkan data lalu kemudian menafsirkan hasilnya untuk membuat rencana di masa yang akan datang bagi perusahaan maupun organisasi.

Selain itu, data scientist akan menggunakan keterampilannya dalam teknologi dan ilmu sosial untuk menemukan tren dan mengelola data.

Untuk berkarir menjadi seorang data scientist, kamu harus mempunyai keahlian dalam programming (Python, SQL, R, Scala, dll.), mengerti tentang machine learning, visualisasi data, dan mengerti platform big data seperti (MongoDB, Cloudera, dll.).

#20. Project Engineer

Ilmu teknik mesin sangat luas sehingga banyak industri seperti industri otomotif, industri penerbangan, industri militer akan membutuhkan project engineer untuk bekerja.

Project engineer dalam cakupan teknik mesin bertugas dalam merancang dan mengembangkan berbagai sistem mekanis.

Biasanya project engineer merupakan pengawas dan mendelegasikan tugas kepada engineer junior maupun karyawan lain yang terlibat dalam proses produksi.

Project engineer dalam bidang mesin juga akan melakukan tugas seperti mengembangan blueprint proyek menggunakan software CAD hingga melakukan riset pasar yang digunakan sebagai panduan dalam menciptakan sistem yang lebih efektif.

#21. Project Manager

Project manager atau dikenal dengan manajer proyek memainkan peran utama dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan, dan penyelesaian dari proyek.

Proyek tersebut sangat luas bisa mencakup berbagai jenis industri mulai dari industri IT, industri otomotif, konstruksi, dan lainnya.

Sebagai seorang project manager, kamu akan bertanggung jawab atas seluruh ruang lingkup proyek, tim proyek, sumber daya, serta keberhasilan maupun kegagalan proyek.

Manajer proyek yang efektif lebih dari membutuhkan pengetahuan teknis. Oleh karena itu, keterampilan non-teknis sangat penting dalam menentukan kesuksesan sebuah proyek.

Sebagai lulusan teknik mesin yang nantinya menjadi project manager, ada beberapa keterampilan non-teknis yang harusnya kamu miliki antara lain komunikasi, motivasi, kepemimpinan, manajemen organisasi, adaptasi, problem solving, dan membuat prioritas.

Tertarik untuk bekerja di salah satu prospek kerja dari lulusan teknik mesin ini?

#22. Perusahaan Multinasional

Apakah kamu lulusan teknik mesin dan tertarik untuk bekerja di salah satu perusahaan multinasional?

Perusahaan multinasional merupakan perusahaan besar yang mempunyai banyak kantor dan cabang di banyak negara.

Ada banyak sekali perusahaan multinasional yang berada di Indonesia antara lain Chevron Corporation, Exxon, Google, Samsung, Honda, Adidas, Mercedes Benz, Hyundai, Toyota, dan masih banyak lagi.

Ketika kamu bekerja di perusahaan seperti ini maka kamu akan menempati bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan baik itu bidang engineer, keuangan, marketing, dan sebagainya.

#23. Perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha yang keseluruhan kepemilikan sahamnya milik negara.

Sebagai lulusan teknik mesin, kamu berpeluang besar untuk bekerja di BUMN untuk mengisi berbagai jenis lowongan yang tersedia.

Kelebihan kamu bekerja sebagai pegawai BUMN antara lain gaji dan tunjangan yang tinggi serta jenjang karir.

Beberapa contoh perusahaan BUMN di Indonesia antara lain PT Pertamina, PT Bank Mandiri, PT Kereta Api Indonesia, PT Garuda Indonesia, PT Pindad, dan masih banyak lagi.

#24. Pengusaha

Bagi kamu lulusan teknik mesin yang sudah terbiasa dengan jiwa entrepreneur maka bisa bisa mencoba bisnis mulai dari hal kecil.

Namun, untuk berwirausaha kamu perlu membutuhkan usaha yang besar untuk mencapai kesuksesan dan bahkan mungkin sering mengalami kegagalan.

Selain itu, kamu juga bisa membuka peluang bisnis baru baik yang berkaitan dengan teknik mesin maupun yang tidak berkaitan seperti membuka bengkel, membuka restoran, bisnis online, dan masih banyak lagi.

Kamu ingin bekerja di salah satu prospek kerja dari lulusan teknik mesin ini?

#25. PNS

Mayoritas masyarakat Indonesia tentunya ingin menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang tetap.

Apakah kamu lulusan teknik mesin dan ingin berkarir menjadi pegawai negeri sipil?

Biarpun begitu, setiap ada pembukaan lowongan CPNS baik untuk instansi/lembaga/departemen tentunya akan membuka lowongan dari teknik mesin.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan gaji yang akan meningkat setiap beberapa tahun sesuai lama pengabdian dan pangkat.

#26. TNI

Sebagai lulusan teknik mesin kamu berpeluang untuk mendaftar menjadi perwira prajurit karir dari Tentara Nasional Indonesia.

Ternyata, tidak hanya lulusan dari AKMIL saja yang berpeluang untuk menjadi perwira TNI.

Akan tetapi, untuk melakukan pendaftaran ke TNI maka kamu harus melakukan pengecekan terhadap website rekrutmen TNI karena bisa saja program studi yang dibutuhkan di tahun tersebut berbeda.

Ketika kamu mendaftar, maka kamu akan diseleksi lagi secara bertahap melalui Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, Akademik, dan Pantukhir.

Kamu merupakan lulusan teknik mesin dan ingin berkarir menjadi TNI? Cek informasi lengkapnya di sini.

#27. Dosen / Pengajar

Barangkali kamu merupakan lulusan teknik mesin yang ingin berkarir sebagai pengajar baik untuk tingkat sekolah menengah maupun tingkat perguruan tinggi.

Kamu bisa menjadi pengajar untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk jurusan teknik mesin.

Lalu, untuk menjadi seorang dosen maka kamu perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni minimal S-2, dan bahkan beberapa perguruan tinggi memberikan syarat rekomendasi minimal S-3.

#Berapa Gaji Teknik Mesin?

Paling tidak, kamu ingin tahu berapa gaji dari lulusan teknik mesin ya?

Pada prinsipnya, setiap tugas dari pekerjaan akan mempunyai gaji yang berbeda sesuai dengan pengalaman kerja dan tingkat kesulitan dari pekerjaan yang sedang dilakoni.

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata seorang lulusan teknik mesin di Amerika Serikat adalah sebesar $71,405 per tahun.

Atau jika dirupiahkan akan mendapatkan gaji sekitar Rp 999,6 juta per tahun.

Lalu, kamu masih penasaran berapa gaji lulusan teknik mesin di Indonesia?

Masih berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata lulusan teknik mesin di Indonesia adalah sebesar Rp 84 juta per tahun atau sebesar Rp 7 juta setiap bulan.

Namun, semua gaji untuk setiap karir tentu saja berbeda karena akan tergantung dari pengalaman kerja dan kemampuanmu.

#Dimana Tempat Kuliah Teknik Mesin?

Kamu masih bingung ingin melanjutkan kuliah di mana?

Sebenarnya, banyak perguruan tinggi atau kampus di Indonesia yang menyelenggarakan program studi teknik mesin ini lo.

Tambahan lagi, sudah ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang memiliki program studi teknik mesin dengan akreditasi internasional.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga ada banyak perguruan tinggi swasta dengan prodi teknik mesin yang tidak kalah dengan PTN.

Untuk PTN yang menyelenggarakan program studi S-1 Teknik Mesin antara lain:

S-1 Teknik Mesin ITB – Bandung

S-1 Teknik Mesin UGM – Yogyakarta

S-1 Teknik Mesin UNDIP – Semarang

S-1 Teknik Mesin UNS – Surakarta

S-1 Teknik Mesin UI – Depok

Dst.

Walau demikian, bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jurusan teknik mesin di perguruan tinggi swasta yang tidak kalah dengan kampus negeri antara lain:

S-1 Teknik Mesin UII

S-1 Teknik Mesin UNTAR

S-1 Teknik Mesin UMM

Dst.

Selain itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah teknik mesin di luar negeri juga bisa banget lo.

Pastinya, kamu bisa mengambil program dengan biaya kuliah sendiri maupun mengambil program beasiswa yang disediakan oleh perusahaan maupun swasta.

Beberapa universitas di luar negeri terbaik yang membuka program mechanical engineering antara lain:

  • Massachusetts Institute of Technology
  • Stanford University
  • University of California – Berkeley
  • California Institute of Technology
  • Georgia Institute of Technology
  • Cornell University
  • Dst.

Kamu pengin kuliah di mana nih? Tuliskan pada kolom komentar di bawah dan semoga cita-citamu tercapai.

#Kesimpulan

Demikian informasi tentang peluang karir maupun prospek kerja dari lulusan teknik mesin yang perlu kamu ketahui.

Selanjutnya, kamu ingin berkarir menjadi apa nih dari daftar prospek kerja lulusan teknik mesin di atas?

Barangkali, kamu salah satu lulusan teknik mesin yang sudah bekerja di bidang lain juga. Coba share pengalaman kamu juga pada kolom komentar dong.

Sebaliknya, kamu tidak setuju dengan pernyataan di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini tentang lulusan teknik mesin ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

# FAQ – Teknik Mesin

Apa itu teknik mesin?

Teknik mesin adalah ilmu teknik yang mempelajari penerapan dan teknik pemecahan masalah teknik mulai dari desain hingga manufaktur untuk membawa produk tersebut ke pasar. Insinyur mesin akan melakukan analisis pekerjaan menggunakan prinsip dari gerak, energi, dan gaya serta memastikan desain dapat berfungsi dengan aman, efisien, andal dengan biaya yang kompetitif.

Berapa gaji lulusan teknik mesin?

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata seorang lulusan teknik mesin di Amerika Serikat adalah sebesar $71,405 per tahun. Lalu, bagaimana dengan gaji engineer teknik mesin di Indonesia? Penasaran? Cek di sini.

Teknik mesin gelarnya apa?

Setelah kamu lulus kuliah untuk jenjang sarjana, maka kamu akan mendapatkan gelar S.T. (Sarjana Teknik).

Lulusan teknik mesin kerja apa?

Kamu bisa bekerja di berbagai industri, lembaga pemerintahan, perusahaan swasta, BUMN, maupun menjadi pengusaha sukses. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

Rekomendasi Untukmu

Prospek Kerja Lulusan Fisika

21 Prospek Kerja Lulusan Fisika (2021)

Prospek Kerja Lulusan Biologi

21 Prospek Kerja Lulusan Biologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Kimia

27 Prospek Kerja Teknik Kimia Terbaru (2021)

Prospek Kerja Psikologi

27 Prospek Kerja Lulusan Psikologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Sipil

25 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbaru (2021)

4 responses to “27 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin (2021)”

  1. saya berasal dari jurusan Teknik Mesin S1, menyukai pekerjaan di bidang maintenance pengalaman kurang dari 1 tahun

  2. shumon says:

    Like!! Really appreciate you sharing this blog post. Really thank you! Keep writing.

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.