10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gaji (2020)

Prospek Kerja Teknik Lingkungan
Teknik Lingkungan

Kamu ingin masuk kuliah jurusan teknik lingkungan? Tapi… masih bingung apa aja sih prospek dan karir dari seorang lulusan insinyur lingkungan.

Atau mungkin kamu ingin tahu berapa sih gaji dari lulusan teknik lingkungan?

Kali ini saya akan membahas beberapa prospek kerja dari seorang sarjana teknik lingkungan.

Atau dikenal juga dalam dunia internasional sebagai Environmental Engineering.

Perkembangan teknologi yang pesat oleh manusia, serta semakin kompleksnya masalah lingkungan sehingga semakin memprihatinkan dan semakin mengancam eksistensi manusia.

Kebutuhan air yang semakin meningkat ditambah dengan pencemaran air lingkungan sehingga tantangan lingkungan bisa diatasi oleh sarjana teknik lingkungan.

Program studi teknik lingkungan mempelajari solusi masalah lingkungan dengan pendekatan teknologi yang maju antara lain pada penyediaan air minum, sistem pembuangan dan recycle buangan cair, padat, dan gas apalagi mencakup drainase perkotaan maupun desa.

Apa Saja Tugas dari Lulusan Teknik Lingkungan?

Seorang lulusan teknik lingkungan akan terlibat dalam pengelolaan, pengurangan limbah, serta meminimalisir polusi untuk melindungi, melestarikan, dan memulihkan bumi ini.

Sebagai insinyur lingkungan, kamu akan bertugas merancang teknologi dan melakukan implementasi suatu proses dan sistem.

Dimana, proses dan sistem tersebut digunakan untuk mencegah dan mengendalikan berbagai risiko lingkungan, termasuk juga dalam mengembalikan kerusakan lingkungan.

Kamu dituntut untuk menggunakan berbagai bidang keilmuan untuk menyediakan lingkungan yang sehat untuk semua makhluk hidup.

Termasuk menangani masalah global saat ini yang semakin rumit dan kompleks.

Diharapkan, dengan menjadi seorang insinyur teknik lingkungan kamu bisa menyediakan air minum yang aman, mengendalikan bahaya lingkungan, meningkatkan daur ulang, dan bisa mengurangi polusi air, tanah, dan udara.

Sebagai seorang lulusan teknik lingkungan, kamu biasanya akan melakukan tugas-tugas sebagai berikut:

  • Menyiapkan, meninjau, dan melakukan pembaharuan terhadap laporan investigasi lingkungan.
  • Melakukan desain project yang berpusat dalam perlindungan lingkungan, termasuk reklamasi air maupun sistem pengendalian udara.
  • Memantau progres dari kemajuan program perbaikan lingkungan.
  • Melakukan analisis data ilmiah dan melakukan pemeriksaan kontrol kualitas
  • Memberikan dukungan teknis untuk suatu perbaikan proyek.
  • Memberi tahu perusahaan dan lembaga pemerintah tentang prosedur untuk membersihkan tempat yang terkontaminasi akan pencemaran limbah.

Beberapa tempat kuliah teknik lingkungan juga mempelajari tentang cara mengurangi hujan asam, mempelajari perubahan iklim, emisi kendaraan, dan pengurangan lapisan ozon.

Selain itu, kamu juga akan bekerja sama dengan berbagai ahli di bidang yang lain termasuk saintis, pakar bisnis dan pakar hukum untuk memutuskan suatu kebijakan.

Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk menjadi seorang engineer teknik lingkungan?

Skill Penting dari Seorang Engineer Teknik Lingkungan

Untuk menjadi seorang insinyur yang ahli di bidang teknik lingkungan, kamu harus menguasai berbagai kemampuan antara lain:

  • Kemampuan Membaca : Engineer teknik lingkungan terkadang bekerja sama dengan ahli hukum, para pebisnis, dan para profesional di luar bidang lingkungan. Kamu akan diwajibkan untuk membaca dan memahami isi dari dokumen yang berkaitan dengan suatu deal bisnis.
  • Kemampuan Menulis : Seorang engineer teknik lingkungan harus bisa menulis secara jelas sehingga kamu bisa memahami berbagai dokumen meliputi proposal, perencanaan, pertemuan, dan spesifikasi bisnis.
  • Kemampuan Problem Solving: Sebagai seorang insinyur teknik lingkungan, kamu harus bisa memecahkan masalah yang kompleks sekaligus untuk mengurangi kerugian, mengurangi pencemaran lingkungan, dan tetap menjaga kesehatan para pekerja.
  • Kemampuan Interpersonal: Seorang engineer tidak hanya bekerja sendiri namun secara tim. Maka dari itu, kamu harus mampu bekerja dengan orang lain dari bidang yang berbeda untuk menggapai goals bersama.
  • Kemampuan Imajinasi: Menjadi seorang insinyur teknik lingkungan harus bisa merancang suatu sistem menjadi bagian yang lebih besar. Kamu harus bisa memprediksi desain yang akan digunakan untuk sesuatu yang lebih nyata termasuk mesin, para pekerja, peralatan, dan lingkungan.

Prospek Kerja Teknik Lingkungan Terbaru

Ada banyak sekali peluang maupun prospek kerja untuk seorang engineer teknik lingkungan.

Berikut ini sebagian prospek kerja yang perlu kamu ketahui.

1. Dosen

Kamu yang ingin menjadi seorang tenaga pengajar maupun dosen tentunya bisa memilih jurusan teknik lingkungan sebagai pilihan.

Akan tetapi untuk menjadi seorang dosen, sebagian besar perguruan tinggi mewajibkan persyaratan studi S-2 telebih dahulu.

Tentunya, menjadi dosen atau pengajar akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena kamu akan mendidik calon lulusan insinyur teknik lingkungan.

2. PNS / Lembaga Pemerintahan

Sebagai lulusan teknik lingkungan, kamu bisa bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun lembaga pemerintahan di bawah kementerian.

Menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang stabil serta tunjangan pensiun menjadi dambaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Selain itu, kamu bisa bekerja di berbagai macam lembaga kementerian termasuk Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ESDM, dan masih banyak lagi.

3. BUMN

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan BUMN?

Secara umum, BUMN ini merupakan suatu badan usaha yang sebagian atau keseluruhannya dimiliki oleh negara Indonesia yang dibentuk untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat.

Ada banyak sekali perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan teknik lingkungan untuk bekerja di sana seperti PT. Pertamina, PT. Aneka Tambang, PT. Krakatau Steel, dan masih banyak lagi.

4. Perusahaan, Industri, dan Manufaktur

Mungkin di antara kalian juga ingin berkarir di banyak perusahaan swasta baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sebagai lulusan teknik lingkungan dengan kemampuan bahasa inggris yang baik tentunya kamu bisa mencoba bekerja di perusahaan terkenal luar negeri.

Atau kamu juga bisa tetap berkarya di perusahaan swasta seperti PT. Unilever, PT. Chevron Pasific Indonesia, TOTAL, dan lain sebagainya.

5. Konsultan

Untuk menjadi konsultan teknik lingkungan diperlukan gelar sarjana sebagai standar, namun beberapa klien akan lebih memilih gelar yang lebih tinggi.

Selain itu, dibutuhkan juga sertifikasi konsultan insinyur teknik lingkungan agar kamu menjadi lebih profesional.

Berdasarkan data dari College Board, konsultasi layanan manajemen, ilmiah, dan teknikal di Amerika Serikat akan mengalami pertumbuhan yang pesat pada tahun 2008 – 2018 yakni sebesar 835.000.

Pertumbuhan tersebut memberikan kesempatan bagi para lulusan engineer teknik lingkungan untuk menggunakan keahlian di perusahaan dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi konsultan dari teknik lingkungan?

6. Water Project Manager

Pekerjaan ini tentunya sangat dibutuhkan dimana pun, mengingat air merupakan suatu sumber daya alam yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Water Project Manager bertugas untuk memastikan air dapat dibersihkan dengan benar tanpa tercemar untuk selanjutnya bisa dikirimkan ke para penduduk di kawasan tersebut.

Selain itu, ada beberapa tugas yang lebih spesifik untuk pekerjaan ini antara lain untuk manajemen pengelolaan air hujan, manajemen risiko banjir, dan manajemen proyek untuk limbah air.

Latar belakang teknik sipil juga akan sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan ini karena kamu akan berhubungan erat dengan desain, konstruksi, dan pemeliharaan dari suatu sistem agar berfungsi dengan maksimal.

7. Senior Environmental Engineer

Berbeda dengan insinyur teknik lingkungan yang bekerja secara langsung dalam penanganan proyek.

Maka posisi seorang senior insinyur teknik lingkungan pada umumnya akan bertugas dalam memimpin, mengawasi, dan membimbing bawahan dalam suatu proyek.

Seorang senior akan bekerja sama dengan pihak manajemen untuk memastikan anggaran dan waktu pengerjaan dari proyek dapat terpenuhi.

Kebanyakan untuk menjadi seorang senior engineer teknik lingkungan, kamu membutuhkan pengalaman kerja kurang lebih lebih selama 10 tahun.

Apakah kamu tertarik menjadi seorang senior yang berpengalaman di bidang teknik lingkungan?

8. Health and Safety Director

Untuk kamu yang ingin berprofesi sebagai health and safety director bisa dari lulusan teknik lingkungan.

Kamu akan mempunyai tanggung jawab di belakang layar untuk memastikan perusahaan tetap mematuhi aturan dalam melindungi lingkungan.

Selain itu, sebagai seorang engineer kamu akan dituntut untuk memberikan ide maupun solusi baru yang berkelanjutan.

Lebih spesifik lagi, tugas dari seorang health and safety director antara lain membuat dan memimpin program perusahaan, mengembangkan kemitraan, melaporkan inisiatif secara suistanable kepada publik, serta menjelaskan risiko bisnis untuk memastikan standar kesehatan dan keselamatan lingkungan.

9. Ilmuwan Lingkungan (Environmental Scientists)

Bagi kamu yang ingin menjadi saintis terutama lebih spesifik ke peminatan tentang lingkungan maka bisa mengambil jurusan teknik lingkungan nih.

Secara umum, tugas dari seorang ilmuwan lingkungan adalah melakukan penelitian dan identifikasi bahaya maupun kesehatan dari bumi termasuk polusi.

Selain itu, kamu akan dituntut untuk membantu dalam menciptakan solusi untuk melindungi lingkungan dan menghilangkan bahaya tersebut.

Atau bisa juga setidaknya mengurangi efek berbahaya tersebut bagi lingkungan.

Untuk menjadi seorang environmental scientists kamu bisa mengambil beberapa spesialisasi antara lain analis perubahan iklim, ahli ekologi, ahli kimia lingkungan, spesialisasi untuk kesehatan dan keselamatan lingkungan.

10. Pengusaha

Tidak harus seorang insinyur teknik lingkungan menjadi seorang insinyur juga, namun bisa memilih bidang lain seperti menjadi pengusaha.

Dengan kemampuan perencanaan yang matang tentunya akan menambah bonus tersendiri ketika kamu nantinya menjadi seorang pengusaha.

Banyak pengusaha yang berasal dari engineer dengan omzet yang melebihi pekerjaan di bidang engineer.

Apakah kamu tertarik menjadi seorang pengusaha?

Berapa Gaji dari Lulusan Teknik Lingkungan?

Kamu pengin tahu berapa gaji sebagai lulusan teknik lingkungan?

Menurut data dari PayScale, rata-rata gaji lulusan teknik lingkungan adalah $ 65.635 per tahun.

Jika rupiahkan akan menjadi sekitar Rp 969.921.212 per tahun (kurs 14.777) atau sekitar Rp 80.826.767 untuk setiap bulan.

Lalu, bagaimana di negara Indonesia?

Untuk di Indonesia, gaji lulusan teknik lingkungan terbilang lebih kecil dibandingkan dengan bekerja di luar negeri.

Menurut data dari Gajimu, kisaran gaji untuk lulusan teknik lingkungan berkisar antara Rp 3.148.182,43 sampai dengan Rp 16.182.839,91 untuk setiap bulan.

Dimana Tempat Kuliah Jurusan Teknik Lingkungan?

Kamu bisa memilih perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia. Bahkan, banyak juga di luar negeri / internasional yang menyelenggarakan program studi ini.

Ada banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini, antara lain:

  • Teknik Lingkungan ITS – Surabaya
  • Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta
  • Teknik Lingkungan UI – Depok
  • Teknik Lingkungan UNDIP – Semarang
  • Teknik Lingkungan UNHAS – Makassar
  • Teknik Lingkungan ITB – Bandung
  • Teknik Lingkungan UB – Malang

Demikian informasi tentang peluang maupun prospek kerja dari seorang lulusan teknik lingkungan yang perlu kamu ketahui.

Kamu ingin menjadi apa nih dari daftar di atas?

Atau mungkin kamu merupakan lulusan teknik lingkungan yang sudah bekerja di bidang apa nih? Share juga pengalaman kamu dong !

Atau mungkin kamu tidak setuju dengan pernyataan di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman-teman kamu melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi:

https://www.prospects.ac.uk/job-profiles/environmental-engineer

https://engineeringonline.ucr.edu/blog/5-careers-for-environmental-engineering-grads/

https://www.quora.com/What-are-the-job-prospects-for-an-environmental-engineer

https://collegegrad.com/careers/environmental-engineers

https://www.thebalancecareers.com/what-is-an-environmental-scientist-526015

https://www.payscale.com/research/US/Job=Environmental_Engineer/Salary

https://gajimu.com/tips-karir/indonesia-pekerjaan-dan-gaji/indonesia-insinyur-bidang-lingkungan

Rekomendasi Untukmu

Prospek Kerja Manajamen

21 Prospek Kerja Lulusan Manajemen (2020)

prospek dan peluang kerja lulusan statistika

20 Prospek Kerja Lulusan Statistika (2020)

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur (2020)

Peluang dan prospek kerja teknik informatika

25 Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gaji 2020

Prospek Kerja Lulusan Pariwisata - Peluang dan Gaji Pariwisata

15 Prospek Kerja Lulusan Pariwisata 2020

3 responses to “10 Prospek Kerja Teknik Lingkungan dan Gaji (2020)”

  1. ANNISA AMADREDJA says:

    yang tepat dimana

  2. Aam says:

    apa nggak ada peluang kerja selain pejabat tinggi ya ?

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.