20 Prospek Kerja Teknik Elektro (2021)

Prospek Kerja Teknik Elektro
Image by Harry Strauss from Pixabay

Kamu ingin masuk kuliah jurusan teknik elektro? Tapi, masih bingung apa aja sih prospek kerja dan karir yang tepat untuk seorang lulusan teknik elektro.

Kamu di website yang tepat, karena kali ini saya akan membahas tentang peluang kerja dari lulusan teknik elektro dan tentu gajinya.

Selain itu, nanti saya juga akan membahas tentang beberapa kampus / universitas yang membuka program studi teknik elektro.

Atau mungkin kamu masih bingung mendaftar ke kampus mana yang ada prodi teknik elektro nih? Baik untuk kampus PTN/PTS atau mau kuliah ke luar negeri.

Sebelum tahu tentang prospek kerja dan tugas dari pekerjaan seorang lulusan teknik elektro, alangkah baiknya kita pahami dulu tentang jurusan teknik elektro terlebih dahulu.

#Apa itu Teknik Elektro?

Setiap saat semua manusia di bumi menggunakan listrik untuk berbagai keperluan kehidupan baik untuk hiburan maupun perkerjaan.

Ilmu Kelistrikan dikenal juga sebagai elektronika dan di perguruan tinggi jurusan kuliah yang membahas tentang kelistrikan ini program studi teknik elektro.

Ilmu Teknik Elektro mempelajari tentang listrik arus kuat arus lemah atau listrik searah dan bolak-balik dan selain itu bidang elektronika tidak lagi sederhana.

Lebih luas lagi program studi Teknik Elektro merupakan bidang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari mencakup hampir seluruh bidang yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi listrik.

#Prospek Kerja Teknik Elektro

Seorang lulusan teknik elektro tentunya dibutuhkan di berbagai sektor maupun suatu bidang.

Ada banyak sekali prospek kerja untuk lulusan teknik elektro yang bisa kamu ketahui, antara lain:

#1. Dosen / Pengajar

Banyak universitas maupun perguruan tinggi yang membutuhkan tenaga dosen untuk mengajar program studi teknik elektro, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen mayoritas diperlukan telah menyelesaikan minimal pendidikan belajar program pascasarjana S2.

Selain menjadi dosen, lulusan teknik elektro terkadang juga dibutuhkan sebagai guru di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai guru SMK jurusan listrik, instalasi listrik, audio video, dan elektronika industri.

#2. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Banyak lembaga maupun instansi pemerintah yang hampir setiap tahun membuka lowongan untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Ada banyak kelebihan ketika kamu menjadi seorang PNS yaitu gaji stabil dan tunjungan yang meningkat seiring berjalannya waktu.

Selain itu, sebagai lulusan teknik elektro yang berkarir menjadi pegawai negeri sipil maka akan mendapatkan dana pensiun walau sudah berhenti bekerja.

#3. Wirausaha / Pengusaha / Pebisnis

Profesi sebagai wirausaha, pebisnis, dan pengusaha menjadi semakin diminati oleh kalangan generasi muda sekarang terutama generasi milenial dan seterusnya.

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja merupakan pilihan yang relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan kelistrikan dan komputer.

Lulusan jurusan ini dapat menjadi instruktur atau tutor ketenagalistrikan/energi Listrik, mengembangkan bisnis startup, bisnis Instalasi listrik, elektronika industri dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses diperlukan sifat pantang menyerah dan berani untuk gagal dalam berbisnis. Kamu mau jadi lulusan elektro dan ingin menjadi seorang pengusaha?

#4. Perusahaan BUMN

Banyak lowongan pekerjaan dari BUMN yang membutuhkan sarjana teknik elektro untuk mengisi posisi di berbagai perusahaan.

Perusahaan BUMN merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya adalah milik negara Indonesia.

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi pegawai BUMN antara lain jenjang karir, gaji yang tinggi, asuransi, dan bisa juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Ada banyak perusahaan yang menerima lulusan teknik elektro untuk bekerja di sana antara lain PT. PLN, PT. Telkom Indonesia, PT. Adhi Karya, PT. Bank Mandiri, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk menjadi salah satu bagian dari perusahaan BUMN? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

#5. Perusahaan Multinasional

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan terkenal apalagi perusahaan multinasional?

Ketika kamu bekerja di perusahaan ini maka bisa berkarir baik di Indonesia maupun di luar negeri sesuai dengan kemampuanmu.

Perusahaan multinasinal merupakan suatu perusahaan besar dan beroperasi di banyak negara dan punya cabang di berbagai negara.

Ada banyak perusahaan multinasional yang berada di Indonesia antara lain Unilever, Freeport, ASUS, Chevron Corporation, Dell, dan masih banyak lagi.

Kamu lulusan elektro dan tertarik untuk bekerja di salah satu perusahaan multinasional?

#6. Software Developer

Pengembang software tidak hanya lulusan dari IT saja karena sebagai lulusan elektro tentunya kamu bisa berkarya di bidang ini.

Software developer merupakan seorang profesional yang membuat perangkat lunak yang berjalan di aneka jenis komputer. Aplikasi / perangkat lunak tersebut bisa berupa aplikasi desktop, aplikasi mobile, dan lainnya.

Pada umumnya, software developer akan bertanggung jawab dalam pengembangan, desain, dan implementasi produk dari perangkat lunak yang sedang dibuat atau dalam proses pengembangan lanjutan.

#7. Software Engineer

Hampir mirip dengan software developer namun lebih kompleks lagi, profesi software engineer juga bisa ditekuni untuk lulusan teknik apalagi teknik elektro.

Seorang software engineer akan bertugas dalam menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, pengembangan, dan maintenance untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pekerjaan software engineer harus mendokumentasikan proses melalui diagram alur dan mengembangkan instruksi komputer menggunakan algoritme.

Selain itu, seorang software engineer harus paham tentang sistem komputer untuk mengenali batasan antara hardware yang bisa mempengaruhi desain sistem dari perangkat lunak.

#8. System Engineer

Seorang yang bekerja menjadi system engineer harus memahami tentang teknik dan manajemen. Hal ini dikarenakan system engineer akan berkolaborasi dengan departemen lain untuk mengelola dan mengembangan sistem di dalam perusahaan.

Tugas lain dari system engineer adalah melakukan implementasi software sistem  mulai dari analisis data hingga menyempurnakan sistem yang sudah ada sehingga meningkatkan produktivitas kerja.

Seorang system engineer umumnya ditemukan pada perusahaan besar maupun bekerja profesional di suatu industri dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan klien.

Tertarik untuk menjadi system engineer?

#9. Electrical Design Engineer

Perkembangan dunia teknologi yang terus berubah serta peningkatan penggunaan perangkat elektronik dan meningkatnya penggunaan peralatan produksi otomatis membuat pekerjaan electrical design engineer semakin dibutuhkan.

Insinyur ini mengembangkan ide dan menyusun sistem menggunakan program komputer dalam pembuatan kelistrikan untuk digunakan dalam berbagai sistem aplikasi.

Selain itu, kamu akan bertanggung jawab untuk mengembangkan spesifikasi dan tata letak sistem yang selanjutnya akan dilakukan pengujian sistem untuk menyesuaikan kebutuhan.

Tertarik untuk menjadi seorang electrical design engineer?

#10. Project Engineer

Kamu lulusan teknik elektro? Apakah tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja teknik elektro ini sebagai project engineer?

Seorang project engineer bertanggung jawab dalam pengembangan dan pemasangan sistem teknik kelistrikan pada proyek tertentu.

Berkarir di bidang ini akan bertugas dalam mengembangan desain, memberikan tugas kepada pekerja lain, mematuhi keselamatan dan persyaratan teknis, dan menjalankan proyek tetap sesuai anggaran.

Bekerja menjadi project engineer membutuhkan latar belakang di bidang teknik elektro dan kemampuan dalam manajemen proyek.

Ketika kamu menjadi seorang project engineer maka harus mempunyai keterampilan dalam manajemen yang kuat, pengalaman, pengetahuan dari sistem kabel, dan tentunya kemampuan untuk bekerja dalam tim yang lebih besar.

#11. Project Manager

Untuk menjadi seorang project manajer tentunya kamu harus mempunyai pengalaman manajemen dalam suatu proyek tertentu.

Sebagai lulusan teknik elektro, tentunya kamu bisa berpeluang untuk bekerja menjadi project manajer dalam berbagai proyek baik untuk perusahaan maupun instansi.

Project manajer akan bertanggung jawab dalam pengelolaan staf, mendelegasikan tugas kepada tim, memonitor sumber daya, serta mengawasai cakupan proyek dan pemeliharaan dalam bidang kelistrikan.

Secara umum, tugas dari project manajer di bidang elektro antara lain:

  • Merencanakan, mengawasi, mengelola dan mengarahkan proyek;
  • Memantau biaya dan alokasi sumber daya;
  • Melakukan peninjauan dokumen dari proyek meliputi perkiraan, gambar desain, spesifikasi, proposal dan kontrak;
  • Mengembangkan anggaran untuk suatu proyek;

#12. Control Engineer

Pekerjaan sebagai control engineer menjadi bidang yang relatif baru dengan menggabungkan teknik dan matematika.

Karena, pekerjaan ini mengharuskan untuk membuat sistem bekerja menjadi efisien dan bisa diprediksi.

Seorang control engineer  bisa fokus pada pengembangan dan peningkatan otomatisasi sistem baik fungsi tunggal maupun ganda.

Mekanisme yang dapat dikontrol oleh seorang engineer ini bisa berupa sistem, proses, atau mesin.

Misalnya, sistem yang biasa digunakan di bank untuk meningkatkan efisiensi ATM dan tentunya mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan selama di tempat ini.

Kamu tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja teknik elektro ini?

#13. Biomedical Engineer

Seorang biomedical engineer bertugas dalam menggabungkan prinsip dari ilmu teknik dengan ilmu medis dan biologi untuk merancang dan membuat peralatan, perangkat, sistem, dan perangkat lunak yang dipakai dalam perawatan kesehatan.

Menjadi insinyur biomedis, kamu dituntut untuk merancang instrumen, perangkat, dan perangkat lunak untuk memecahkan masalah klinis dalam kesehatan.

Selain itu, pekerjaan lain yang bisa dilakukan sebagai biomedical engineer adalah merancang sirkuit, software untuk peralatan medis, maupun simulasi dengan komputer untuk pengujian terapi obat.

#14. Network and Computer System Administrator

Jaringan komputer menjadi bagian yang sangat penting untuk hampir setiap organisasi perusahaan.

Sebagai lulusan teknik elektro kamu bisa berpeluang untuk menjadi bagian dari network and computer system administrator.

Kamu akan bertanggung jawab dalam pengoperasian jaringan termasuk mengatur, memasang, mendukung sistem komputer, termasuk jaringan LAN, WAN, jaringan intranet, maupun sistem komunikasi data.

Selain itu, network and computer system admin juga mengelola server dan komputer serta peralatan organisasi, serta memastikan agar bisa bekerja secara efisien dan tetap terhubung.

#15. Aerospace Engineer

Sebagai seorang lulusan teknik elektro, kamu juga bisa berkarir menjadi aerospace engineer juga lo. Pekerjaan kamu akan cenderung bertugas dalam membentuk sistem dan pesawat.

Karir di bidang aerospace engineer membuat kamu bekerja dengan perusahaan internasional dan teknologi mutakhir.

Sebagai seorang insinyur dirgantara, kamu akan bertugas untuk meneliti, mendesain, mengembangkan, memelihara, dan melakukan uji kemampuan pada pesawat militer/sipil, satelit, pesawat luar angkasa, maupun senjata.

Selain itu, kamu juga akan bertugas untuk meningkatkan keselamatan dalam penerbangan, efisiensi dari bahan bakar, kecepatan dan berat, serta pengurangan biaya sistem dan penggunaan teknologi untuk kebutuhan para pelanggan.

#16. Hardware Design Engineer

Permintaan pasar terhadap perangkat keras seiring dengan kemajuan di bidang teknologi dan inovasi yang cepat berkembang setiap hari menjadikan computer hardware designer menjadi semakin dibutuhkan.

Sebagai seorang hardware design engineer maka kamu akan bertugas untuk merancang dan membuat komponen perangkaat keras termasuk papan sirkuit, mikrochip, dan scanner.

Beberapa pekerjaan engineer ini terlibat dalam pembuatan perangkat keras dan beberapa yang lain mengawasi proses pemasangan yang sebagian besar pekerjaan dilakukan di laboratorium penelitian.

Tidak hanya berfokus pada perangkat keras untuk komputer saja, akan tetapi sekarang ini sudah banyak yang mempunyai spesialisasi dalam perangkat keras untuk berbagai perangkat seperti perangkat jaringan, smartphone, perangkat kendaraan, dan perangkat IoT (Internet of Things).

#17. Telecom Engineer

Saat mengakses informasi melalui dunia internet, tentunya membutuhkan jalur komunikasi agar bisa saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Telekomunikasi sangat penting dan bertanggung jawab dalam proses transfer data dari teknologi informasi.

Engineer di sini bertanggung jawab dalam desain, keamanan, kinerja dari jaringan komputer, dan integrasi dari semua layanan dan perangkat telekomunikasi.

Seorang telecom engineer berperan penting dalam industri telekomunikasi yang berhubungan dengan instalasi jaringan, layanan data broadband, wireless devices, router, serat optik, kabel, dan banyak lagi.

#18. System Analyst

Ketika kamu lulus dari teknik elektro, maka bisa berkarir juga dalam bidang sistem analis yang sangat populer ini.

Peran teknologi informasi saat ini semakin populer dan diminati karena banyak organisasi maupun perusahaan yang memindahkan operasi, proses, dan komunikasi secara online.

Sebagai seorang system analyst, maka kamu akan bertanggung jawab dalam memelihara dan meningkatkan sistem untuk organisasi.

Untuk menjadi seorang system analyst maka kamu harus punya kemampuan dalam berpikir kritis, bisa memecahkan masalah yang kuat, mempunyai keterampilan manajemen proyek, mempunyai komunikasi tertulis dan verbal yang baik, serta bisa bekerja di bawah tekanan.

#19. Data Center Engineer

Pernahkah kamu bertanya, dimana data dari penggunaan internet di simpan?

Jawabannya adalah data tersebut disimpan di pusat data (data center).

Lalu apa hubungannya dengan seorang data center engineer?

Tidak hanya lulusan IT saja yang bekerja di bidang ini, karena lulusan teknik elektro pun bisa jika berminat.

Seorang data center engineer bertanggung jawab dalam perancangan, menyiapkan, dan mengelola sistem informasi atau jaringan di pusat data.

Tugas mereka mencakup dalam memonitor dan mengelola sistem IT termasuk memastikan server, penyimpanan data, dan berbagai peralatan pendukung bekerja secara efisien.

Selain itu, data center engineer juga bertugas dalam identifikasi dan memelihara sistem daya dan sistem pendingin dari berbagai perangkat.

Kamu lulusan elektro dan berminat ingin menjadi data center engineer? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

#20. Robotics Engineer

Perkembangan dunia robotik semakin hari semakin pesat, karena robot bisa membantu berbagai tugas manusia menjadi lebih cepat dan akurat.

Tidak heran lulusan teknik elektro bisa berpeluang besar berkarir sebagai seorang robotics engineer.

Seorang robotics engineer bertugas dalam merancang untuk menciptakan robot maupun sistem robotik yang bisa melakukan tugas yang tidak bisa diselesaikan oleh manusia.

Melalui suatu kreativitas, seorang engineer robotik bisa membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, lebih aman, dan efisien, terutama ketika bekerja di industri manufaktur.

Ketika menjadi seorang insinyur robotik maka kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk mendesain dan melakukan perancangan dalam pembuatan robot.

Setelah proses desain robot selesai, maka barulah akan ke arah perakitan dari unit suatu robot.

Tertarik untuk mencoba karir sebagai robotics engineer?

#Berapa Gaji Lulusan Teknik Elektro?

Kamu penasaran dengan gaji lulusan teknik elektro? Tentunya, setiap pekerjaan mempunyai gaji yang berbeda dan tergantung skill serta pengalaman.

Tentunya setiap pekerjaan untuk lulusan teknik elektro berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Berdasarkan PayScale, gaji rata-rata engineer elektro dalam setahun sebesar $ 76,285 atau dalam kurs rupiah sebesar Rp 1.067.990.000 (kurs Rp 14.000).

Lalu, bagaimana dengan gaji dari lulusan teknik elektro di negara Indonesia?

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata untuk teknik elektro adalah sebesar Rp 90.090.830 dalam setahun.

Jika dibagi tiap bulan maka rata-rata gaji yang diterima sebesar Rp 7,5 juta lebih.

Besaran gaji tersebut tentunya berbeda sesuai dengan pengalaman dan tempat bekerja.

Mungkin di antara kalian merupakan lulusan teknik elektro yang sudah bekerja dan punya gaji yang berbeda? Silahkan bagikan di kolom komentar ya.

#Dimana Tempat Kuliah Teknik Elektro?

Kamu masih bingung mau kuliah dimana?

Tentunya banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi teknik elektro ini.

Kamu bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta bahkan bisa juga melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Untuk PTN di Indonesia yang menyelenggarakan program studi teknik elektro antara lain:

  • S1 Teknik Elektro ITB – Bandung
  • S1 Teknik Elektro UI – Depok
  • S1 Teknik Elektro ITS – Surabaya
  • S1 Teknik Elektro UGM – Yogyakarta
  • S1 Teknik Elektro UB – Malang
  • S1 Teknik Elektro UNDIP – Semarang

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke kampus swasta antara lain bisa melanjutkan ke:

  • S1 Teknik Elektro Gunadarma
  • S1 Teknik Elektro UPH
  • S1 Teknik Elektro UMY
  • dan masih banyak lagi PTS yang tidak kalah dengan PTN.

Selain itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah teknik elektro ke luar negeri tentunya bisa.

Baik dengan biaya sendiri maupun melalui beasiswa.

Beberapa universitas di luar negeri yang membuka program untuk undergraduate electrical engineering antara lain:

  • Massachusetts Institute of Technology
  • California Institute of Technology
  • Carnegie Mellon University
  • Nanyang Technological University
  • Curtin University

#Kesimpulan

Demikian informasi tentang peluang maupun prospek kerja dari seorang lulusan teknik elektro yang perlu kamu ketahui.

Kamu ingin menjadi apa nih dari daftar prospek kerja lulusan teknik elektro di atas?

Atau mungkin kamu merupakan lulusan teknik elektro yang sudah bekerja di bidang lain? Share juga pengalaman kamu juga dong.

Mungkin kamu tidak setuju dengan pernyataan di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang jurusan teknik elektro ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

#Q&A – Teknik Elektro

Teknik elektro itu apa?

Teknik Elektro merupakan bidang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari mencakup hampir seluruh bidang yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi listrik.

Teknik elektro bisa jadi apa?

Lulusan dari jurusan ini sangat berpeluang bekerja di mana pun termasuk bekerja di pemerintahan, perusahaan, maupun instansi. Ada banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan teknik elektro seperti Project Manager, System Analyst, Telecom Engineer dan masih banyak sekali.

Berapa gaji lulusan teknik elektro?

Gaji lulusan teknik elektro sangat bervariasi. Berdasarkan PayScale, gaji rata-rata engineer elektro dalam setahun sebesar $ 76,285 atau dalam kurs rupiah sebesar Rp 1.067.990.000. Lalu bagaimana dengan gaji teknik elektro di Indonesia? Untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

Dimana tempat kuliah teknik elektro?

Kamu bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta sesuai dengan kemampuan. Jika berminat, banyak juga program teknik elektro untuk kuliah di luar negeri. Untuk PTN yang menyelenggarakan program studi teknik elektro antara lain ITB, UI, UGM, dan untuk lebih lengkapnya bisa kamu cek di sini.

Rekomendasi Untukmu

Prospek Kerja Lulusan Fisika

21 Prospek Kerja Lulusan Fisika (2021)

Prospek Kerja Lulusan Biologi

21 Prospek Kerja Lulusan Biologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Kimia

27 Prospek Kerja Teknik Kimia Terbaru (2021)

Prospek Kerja Psikologi

27 Prospek Kerja Lulusan Psikologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Sipil

25 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbaru (2021)

4 responses to “20 Prospek Kerja Teknik Elektro (2021)”

  1. Heru Husaini says:

    COVER LETTER
    I hereby would like to apply for working to the company as a PROJECT MANAGER. To complete this application then I am attaching of my education records: work experience in finance for MBA, petroleum engineering and works in the electrical engineering fields. I have an MBA in finance from USA and master’s degree (MSPE) in petroleum engineering from University of Texas at Austin, USA. In additional 1980, I also graduated from BSc of electical engineering from University of Indonesia Jakarta. Further more, I has an experienced in oil and gas operations for more then 30 years then I hope these would be push me forward to my future career.
    Your consideration in this application is highly appreciated.
    Heru Priyadi Husaini. PHONE +62-87883985387, JAKARTA, INDONESIA

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.