22 Prospek Kerja Lulusan Matematika (2021)

Prospek Kerja Matematika
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Kamu ingin masuk kuliah ke jurusan matematika?

Tapi masih galau apa aja sih prospek kerja dan karir yang tepat untuk menjadi lulusan matematika?

Oke, kali ini saya akan membahas tentang peluang kerja lulusan matematika and tentu berapa gaji yang akan didapatkan.

Selain itu, saya akan membahas beberapa kampus / universitas yang membuka program studi matematika.

Atau mungkin kamu masih bingung ingin mendaftar ke kampus mana yang ada prodi Matematika nih?

Baik untuk kampus PTN maupun PTS maupun kuliah ke luar negeri.

Sebelum tahu tentang prospek kerja dan tugas dari pekerjaan seorang lulusan matematika, alangkah baiknya kita pahami dulu tentang jurusan matematika terlebih dahulu.

#Apa itu Matematika?

Setiap hari kita menggunakan ilmu matematika secara langsung maupun secara tidak langsung.

Penerapan ilmu matematika selalu ada di sekitar kita dan berada dalam sesuatu yang kita kerjakan setiap hari.

Matematika adalah ilmu yang berhubungan dengan bentuk logika, besaran, dan susunan.

Ilmu matematika digunakan dalam kehidupan sehari – hari termasuk dalam bidang arsitektur baik kuno maupun modern, bidang teknologi, dalam bidang seni, bidang keuangan, bidang teknik, dan bahkan dalam bidang olahraga.

Pengetahuan tentang ilmu matematika telah muncul sejak dahulu kala, sebagai contoh orang pada jaman dahulu bisa mengandalkan perhitungan waktu dengan menggunakan matahari.

Oke, langsung saja.

Kita akan bahas apa saja prospek kerja dari lulusan matematika yang perlu kamu ketahui.

#Prospek Kerja Matematika

Karena ilmu matematika berperan penting dan ada dalam setiap kehidupan kita, tidak heran banyak profesi yang membutuhkan program studi ini.

Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil untuk matematika ini antara lain:

#1. Auditor

Profesi auditor ini bisa kamu ambil ketika menjadi seorang lulusan matematika.

Seorang auditor bertugas memastikan dan melaporkan bisnis maupun dari suatu perusahaan atau instansi.

Auditor juga melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan, mengawasi bisnis, dan menjaga kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang ada.

Apakah kamu tertarik untuk berkarir ke salah satu prospek kerja dari lulusan matematika ini?

#2. Data Analyst

Perkembangan dunia teknologi informasi akan menghasilkan banyak data yang perlu di analisis agar bisa mendapatkan profit baik terutama untuk perusahaan.

Sebagai lulusan matematika yang berkarir menjadi data analyst bisa bertugas untuk mengambil data, menggunakan jawaban pertanyaan dari customer, dan berkomunikasi untuk mendapatkan hasil untuk membantu keputusan suatu perusahaan.

Sehingga secara umum, data analyst berperan besar untuk membuat keputusan paling tepat dalam berbagai kondisi pasar sehinggi mengurangi kerugian.

Beberapa contoh nyata tugas dari seorang data analyst yaitu membantu penjualan dengan mengidentifikasi target iklan menjadi lebih tepat sasaran.

#3. Data Scientist

Hampir mirip dengan data analyst, berkarir menjadi data scientist lebih cenderung ke pengolahan data.

Semakin masifnya pertumbuhan data menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan teknologi komputer agar lebih cepat dan efisien.

Tidak heran jika kamu lulusan matematika dan punya kemampuan analisis yang baik bisa berkarir untuk mendapatkan peluang bisnis dan mengetahui tren dari pasar.

Sebagai data scientist, kamu bertugas untuk membersihkan data mentah, memproses, dan mengolah big data yang telah dikumpulkan agar menjadi informasi yang berguna.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja matematika ini?

#4. Aktuaris

Saat ini berkarir sebagai seorang aktuaria menjadi sangat populer sehingga banyak perguruan tinggi membuka jurusan ini.

Tentunya, sebagai seorang lulusan matematika kamu berpeluang besar untuk berkarir sebagai seorang aktuaris.

Berdasarkan informasi dari Investopedia, ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari suatu risiko keuangan dengan berbagai macam metode matematika dan statistik serta biasanya digunakan dalam bidang asuransi.

Ilmu aktuaria digunakan untuk analisis keuangan dan memecahkan masalah keuangan untuk melihat prediksi masa depan yang penuh akan ketidakpastian.

Menggunakan ilmu aktuaria, secara langsung akan berguna untuk menghitung risiko yang terjadi dengan menggunakan analisis peluang sehingga dampak finansial di masa depan bisa diprediksi.

Aktuaria biasanya digunakan untuk membantu perusahaan asuransi merancang polis asuransi dan menetapkan perhitungan profit untuk kelompok pengguna asuransi tertentu.

#5. Software Engineer

Pernahkah kamu berpikir, siapa yang membuat berbagai macam aplikasi dan website yang kamu pakai setiap hari?

Pastinya, itu adalah karya dari seorang software engineer maupun programmer.

Sebagai lulusan matematika kamu berpeluang menjadi seorang software engineer yang sukses.

Seharusnya kamu tidak masalah karena mata kuliah matematika juga akan diajarkan dan terbiasa dengan logika dan matematika yang sering ditemukan dalam dunia programming.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang software engineer kamu harus mempunyai kemauan dalam belajar sesuatu yang baru karena dunia teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat sekali.

#6. Blogger

Mungkin kamu lulusan matematika dan hobi dalam menulis?

Kamu bisa memulai menulis blog yang membahas tentang ilmu matematika atau topik lain yang kamu sukai.

Ketika blog kamu mendapatkan banyak pembaca maka kamu bisa memasang iklan maupun kamu bisa menjual produk secara langsung sehingga bisa mendapatkan uang dari internet.

Ada banyak sekali blog yang membahas tentang dunia matematika misalnya mathblog.com, www.mathsisfun.com, divisbyzero.com, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk berkarir sebagai penulis blog yang membahas tentang matematika?

#7. Youtuber

Kamu lulusan matematika dan ingin menjadi youtuber?

Tentu bisa dong.

Kamu bisa memilih topik yang berkaitan dengan penerapan dan pembelajaran dari ilmu matematika.

Ada banyak sekali youtuber yang membahas tentang dunia matematika antara lain Anywhere Math, mathantics, Mashup Math, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk berkarya melalui dunia youtube?

#8. Research Scientist

Kamu ingin menjadi ilmuwan peneliti yang terkenal?

Tentu saja sebagai lulusan di bidang matematika, suatu penelitian sangat diperlukan untuk mendapatkan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Sebagai seorang research scientist, kamu akan bertanggung jawab dalam melakukan perancangan, analisis informasi dan investigasi, eksperimen, dan melakukan uji coba berbasis lab.

Menjadi research scientist merupakan bidang yang luas dan kemungkinan besar akan mengerjakan topik yang jauh lebih spesialis, misalnya bidang matematika untuk geosains, penelitian medis, farmakologi, dan lainnya.

Biasanya ketika kamu berkarir sebagai research scientist, maka bisa bekerja di perusahaan kimia, perusahaan makanan swasta, dewan penelitian publik, universitas, laboratorium pemerintah, badan lingkungan, dan perusahaan-perusahaan yang butuh riset produk.

#9. Investment Analyst

Investment analyst atau dikenal analis investasi merupakan pekerjaan profesional keuangan dengan keahlian dalam evaluasi informasi keuangan dan investasi.

Tugas analis investasi biasanya untuk memberikan rekomendasi dalam keputusan melakukan pembelian, penjualan, atau memegang saham dalam sekuritas.

Analis investasi bertanggung jawab dalam pengumpulan informasi, melakukan riset, dan melakukan analisis berbagai macam aset seperti obligasi, mata uang, saham, serta komoditas.

Seorang analis investasi akan berfokus pada bidang tertentu untuk menjadi ahli di bidang lebih spesifik seperti industri tertentu maupun kelas aset tertentu.

#10. Software Tester

Selain menjadi software engineer, kamu juga bisa lo berkarir menjadi software tester.

Pekerjaan dari software tester bertanggung jawab atas kualitas pengembangan dan implementasi dari suatu perangkat lunak.

Seorang software tester akan terlibat dalam testing otomatis maupun tes manual untuk memastikan perangkat lunak berfungsi sesuai dengan tujuan.

Beberapa tugas lain software tester meliputi analisis perangkat lunak dan sistem, mengurangi suatu risiko software, dan mencegah masalah terjadi pada perangkat lunak.

Sebagai software tester kamu bisa saja bekerja sama dalam tim maupun bekerja dengan bidang lain untuk mencapai tujuan bersama.

#11. Financial Manager

Kamu lulusan matematika dan tertarik menjadi manajer keuangan?

Tentu saja seorang lulusan matematika punya dasar yang baik dalam manajemen keuangan.

Sebagai seorang manajer keuangan, kamu bisa berkarir di sektor publik maupun sektor swasta untuk memberikan saran tentang keuangan dan administrasi.

Manajer keuangan bertugas dalam perencanaan bisnis yang tepat untuk membantu mengambil suatu keputusan sehingga bisnis akan berjalan sukses secara finansial.

Saran dan nasihat keuangan tersebut bisa meliputi tabungan, investasi, dana pensiun, maupun suatu produk asuransi.

Ada banyak sekali organisasi yang membutuhkan manajer keuangan meliputi lembaga keuangan, perusahaan asuransi, pemerintah daerah, perusahaan IT, universitas / lembaga pendidikan, otoritas kesehatan, dan masih banyak lagi.

#12. Market Researcher

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan kondisi pasar yang tidak menentu membuat perusahaan membutuhkan seorang market researcher / peneliti pasar.

Kamu lulusan matematika dan punya keterampilan dalam analitis, kreatif, serta punya kemampuan dalam memecahkan masalah yang baik maka kamu bisa mencoba berkarir menjadi peneliti pasar.

Seorang market researcher bertanggung jawab dalam mengumpulan data dan analisis informasi agar bisa mendapatkan keputusan politik, sosial, dan ekonomi.

Market researcher akan meneliti pasar baik pada penelitian kualitatif maupun penelitian yang bersifat kuantitatif.

Seorang peneliti pasar biasanya bekerja pada perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengumpulan informasi mengenai opini dari customer, investasi, maupun tren pasar terkini.

Kamu lulusan matematika dan ingin berkarir di salah satu prospek kerja matematika ini?

#13. Cryptographer

Kamu suka matematika dan tertarik dengan pengamanan informasi, sistem enkripsi, persandian, teori pengkodean, dan pemecahan masalah?

Mungkin kamu bisa memilih karir sebagai seorang kriptografer.

Seorang kriptografer berkaitan erat dengan ilmu aljabar, himpunan, matriks, algoritme, dan persoalan matematika lainnya.

Kriptografer bertanggung jawab dalam mengembangkan enkripsi dan sistem keamanan menggunakan persandian dan algoritme pada data yang sensitif.

Peran seorang kriptografer sangat penting dalam duni teknologi saat ini karena mereka harus memastikan data harus aman dan terjaga, baik dalam bidang keuangan, bisnis, militer.

Tugas kriptografer yaknik merancang sistem yang kuat agar penyimpanan maupun transfer data menjadi aman dan tidak rentan terhadap peretasan informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

#14. Ahli Statistik

Tidak bisa dipungkiri bahwa lulusan matematika juga punya kemampuan dalam hal statistik walaupun biasanya terpisah program studi namun kedua ilmu ini saling berkaitan satu sama lain.

Ahli statistik dibutuhkan dan telah berperan lama dalam penelitian dan bidang akademisi.

Namun, saat ini statistik dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bisnis, kedokteran dan kesehatan, pemerintahan, ilmu lingkungan, dan industri.

Karena bisnis sekarang telah menyadari bahwa pengambilan keputusan data sangat penting untuk menunjang kebutuhan bisnis.

Seorang statistikawan bertugas mengumpulkan informasi, melakukan analisis data, dan menafsirkan data untuk mengambil banyak keputusan bisnis.

Tertarik untuk menjadi ahli statistika? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

Baca juga: Prospek Kerja dari Statistika Terbaru.

#15. Pemerintahan

Sebagai seorang lulusan matematika tentu bisa berkarir di bidang pemerintahan baik itu dinas daerah, lembaga daerah, maupun berbagai departemen pemerintahan.

Kamu akan bertugas dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perhitungan seperti pengelolaan keuangan, analisis keuangan, pengelolaan anggaran, dan masih banyak lagi.

#16. Dosen / Pengajar

Kamu tertarik untuk menjadi dosen atau pengajar matematika di perguruan tinggi?

Menjadi pengajar tentunya menjadi impian bagi banyak orang terutama bagi kamu lulusan matematika.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen matematika kamu membutuhkan syarat minimal mempunyai gelar master dan bahkan ada yang harus doktor.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja dari lulusan matematika ini?

#17. Perbankan

Tidak menutup kemungkinan bahwa lembaga perbankan membutuhkan lulusan yang mempunyai kapasitas dalam hal manajemen keuangan terutama lulusan dari matematika.

Kamu bisa bekerja menjadi bagian tertentu dalam instansi perbankan.

Ketika bekerja di lembaga perbankan, kamu bisa memilih baik untuk bank BUMN maupun bank swasta yang tidak kalah populer.

#18. PNS

Kamu ingin menjadi PNS di bidang matematika dengan gaji dan tunjangan yang tetap?

Tentunya, setiap tempat instansi untuk pegawai negeri sipil akan membutuhkan lowongan bagi jurusan matematika.

Selain mendapatkan gaji yang akan meningkat sesuai pangkat dan waktu pengabdian, tentunya berkarir menjadi PNS akan menjadi idaman mertua.

Tertarik untuk menjadi pegawai negeri sipil? Tuliskan pada kolom komentar ya.

#19. TNI

Kamu ingin menjadi anggota TNI? 

Tidak hanya lulusan dari AKMIL saja yang bisa menjadi perwira pertama lo.

Sebagai lulusan sarjana dari jurusan matematika kamu juga berpeluang untuk mendaftar sebagai perwira prajurit karir untuk Tentara Nasional Indonesia.

Kamu akan diseleksi lagi secara bertahap yakni Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, Akademik, dan Pantukhir.

Jika kamu lolos maka kamu akan ditugaskan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia menjalaani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi perwira TNI.

Kamu lulusan matematika dan ingin menjadi TNI? Untuk lebih lengkapnya cek di sini.

#20. Perusahaan BUMN

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan BUMN?

Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara ini yang beroperasi di Indonesia antara lain Pertamina, TELKOM, Bank Mandiri, Bank BNI, Adhi Karya, Wijaya Karya, Angkasa Pura, Garuda Indonesia, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Apakah kamu salah satu ingin menjadi lulusan matematika dan ingin bekerja di perusahaan – perusahaan tersebut?

Ada beberapa kelebihan jika kamu bekerja di perusahaan BUMN antara lain gaji dan tunjangan yang tinggi, jenjang karir, dan mendapatkan asuransi.

#21. Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional merupakan impian bagi sebagian besar orang karena bisa mendapatkan gaji yang tinggi.

Perusahaan ini menjadi perusahaan yang beroperasi dan mempunyai kantor cabang maupun pabrik di banyak negara.

Ada banyak perusahaan multinasional yang beroperasi di Indonesia antara lain Apple, BMW, Prudential, Toyota, Google, dan masih banyak lagi.

Jika kamu lulusan matematika dan punya kemampuan tambahan seperti lancar Bahasa Inggris kemungkinan besar kamu juga bisa bekerja di luar negeri.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja lulusan matematika ini?

#22. Pengusaha / Pebisnis

Bagi kamu yang baru lulus dari prodi matematika maupun yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja, tentunya membuka peluang usaha bisa kamu lakukan.

Walaupun kadang terasa sangat sulit untuk menjadi seorang pebisnis maupun pengusaha, sebagai seorang lulusan matematika pastinya kamu punya nilai lebih dibandingkan lulusan lain.

Hal ini dikarenakan lulusan matematika punya fundamental dalam peluang, melihat suatu tren / prediksi, maupun manajemen keuangan.

Bagi kamu yang tertarik ke arah entrepreneur maka bisa mulai dengan membuka usaha bisnis yang dimulai dari hal kecil. Tertarik untuk menjadi pengusaha?

#Berapa Gaji Lulusan Matematika?

Kamu masih bingung berapa gaji dari lulusan matematika?

Tentunya setiap pekerjaan mempunyai gaji yang berbeda sesuai dengan kesulitan, pangkat, dan juga pengalaman.

Secara garis besar dan berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata untuk sarjana matematika adalah sebesar $77.279 setiap tahun.

Jika dikonversikan ke dalam kurs rupiah akan menjadi sekitar Rp 1,08 Milyar (kurs 14.000) dalam setahun.

Lalu bagaimana dengan gaji sarjana matematika di Indonesia?

Tentunya angka gaji lulusan matematika dibandingkan dengan luar negeri akan terasa jauh sekali.

Perkiraan gaji untuk lulusan matematika di Indonesia yakni antara Rp 3 juta  – Rp 10 juta untuk setiap bulan, bisa kurang dan bisa lebih.

Sebagai contoh, berdasarkan data dari INDEED, untuk gaji guru matematika Rp 3.660.562 per bulan. Sedangkan untuk gaji manajer keuangan di Indonesia adalah sebesar Rp 7.248.733 selama sebulan.

#Dimana Tempat Kuliah Matematika?

Kamu masih bingung ingin kuliah dimana?

Pastinya, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi matematika ini.

Kamu bisa melanjutkan kuliah ke program studi S1 Matematika, baik ke perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, dan bahkan bisa melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Untuk PTN yang menyelenggarakan program studi S1 Matematika antara lain:

  • S1 Matematika UI – Depok
  • S1 Matematika ITB – Bandung
  • S1 Matematika UGM – Yogyakarta
  • S1 Matematika UNHAS – Makassar
  • S1 Matematika UB – Malang
  • S1 Matematika UNAIR – Surabaya

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jurusan matematika ke kampus swasta, kamu bisa memilih beberapa kampus antara lain:

  • S1 Matematika Universitas Bina Nusantara
  • S1 Matematika UNPAR
  • S1 Matematika USD Yogyakarta
  • dan masih banyak lagi PTS yang tidak kalah bagus dengan PTN.

Selain itu, untuk kamu yang berminat ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan mengambil kuliah matematika ke luar negeri pasti bisa.

Baik kuliah program matematika menggunakan beasiswa maupun menggunakan biaya sendiri.

Beberapa universitas di luar negeri yang membuka program untuk math program antara lain:

  • Harvard University
  • Standford University
  • Massachusetts Institute of Technology
  • Qatar University
  • Universiti Teknologi Malaysia
  • Nanyang Technological University

#Kesimpulan

Demikian informasi tentang peluang maupun prospek kerja dari seorang lulusan matematika yang perlu kamu ketahui.

Kamu ingin berkarir di bidang apa nih dari daftar prospek kerja lulusan matematika di atas?

Atau mungkin kamu merupakan lulusan matematika yang sudah bekerja di bidang lain. Share pengalaman kamu juga pada kolom komentar.

Mungkin kamu tidak setuju dengan pernyataan di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang lulusan matematika ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

#Q & A

Berapa gaji lulusan matematika?

Gaji dari lulusan matematika untuk setiap job descriptions tentunya berbeda. Berdasarkan data dari PayScale, lulusan matematika mendapatkan gaji rata-rata sebesar Rp 1,08 milyar dalam setahun. Lalu bagaimana dengan gaji lulusan sarjana matematika di Indonesia? Kamu bisa cek lengkapnya di sini.

Dimana tempat kuliah matematika?

Kamu bisa memilih kuliah di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta sesuai dengan kemampuanmu. Ada banyak sekali perguruan tinggi yang membuka S1 Matematika antara lain ITB, UI, UGM, UNAIR, UNHAS, dan masih banyak lagi.

Lulusan matematika bisa jadi apa?

Ada banyak sekali prospek kerja dari lulusan matematika mulai dari data analyst, data scientist, software engineer, ahli statistika, pengusaha, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu cek di artikel ini.

Rekomendasi Untukmu

Prospek Kerja Lulusan Fisika

21 Prospek Kerja Lulusan Fisika (2021)

Prospek Kerja Lulusan Biologi

21 Prospek Kerja Lulusan Biologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Kimia

27 Prospek Kerja Teknik Kimia Terbaru (2021)

Prospek Kerja Psikologi

27 Prospek Kerja Lulusan Psikologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Sipil

25 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbaru (2021)

2 responses to “22 Prospek Kerja Lulusan Matematika (2021)”

  1. prepti nur istianah says:

    Sebagai lulusa matematika bagaimana supaya bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah ,dan bagaimana kita menawarkan diri kita untuk bekerja di suatu perusahaan atau sebagainya.kan kadang kita sulit mencari pekerjaan

    • Amida says:

      Upgrade kemampuan / skill.

      Zaman sekarang banyak sekali media untuk belajar mulai dari yang gratis seperti YouTube sampai platform yang berbayar e.g. Udemy, SkillShare, Skill Academy (Ruangguru), etc.

      Sebagai contoh, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan seorang data scientist. Pastinya, pekerjaan ini sangat relevan dengan lulusan matematika.

      Oleh karena itu, jangan lupa untuk belajar hal baru dan perbanyak pengalaman maka perusahaan yang akan melirik Anda.

      Terima kasih.

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.