25 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi (2021)

Prospek Kerja Akuntansi
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kamu ingin masuk kuliah ke program studi akuntansi? Tapi kamu masih galau apa saja sih prospek kerja dan karir yang tepat ketika kamu menjadi lulusan akuntansi?

Baik, kali ini saya akan membahas tentang peluang kerja dari lulusan akuntansi dan pastinya berapa gaji yang akan didapatkan.

Selanjutnya, saya akan membahas beberapa kampus atau universitas yang membuka program studi akuntansi.

Baik itu untuk program diploma, sarjana, maupun pascasarjana.

Atau barangkali kamu bingung ingin mendaftar ke kampus mana yang ada prodi Akuntansi nih?

Entah itu kampus PTN maupun PTS maupun melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang prospek kerja dan tugas dari seseorang lulusan akuntansi, alangkah baiknya kita bahas dulu tentang jurusan akuntansi terlebih dahulu.

#Apa itu Akuntansi?

Barangkali diantara kamu sudah mengenal dunia akuntansi?

Jika sudah tahu akuntansi maka kamu akan punya poin plus.

Bagi kamu yang belum tahu tentang ilmu akuntansi, maka akan saya bahas lebih dalam.

Berdasarkan informasi dari Investopedia,  Akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan erat dengan bisnis.

Proses akuntansi tersebut meliputi melakukan ringkasan, analisis, dan melaporkan transaksi ke badan pengawas, regulator, maupun badan pemungut pajak.

Laporan keuangan yang dipakai dalam akuntansi merupakan ringkasan singkat dari transaksi keuangan selama periode tertentu termasuk operasi perusahaan, posisi keuangan, dan cash flow.

Adapun beberapa penerapan ilmu akuntansi dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  • Perencanaan keuangan untuk individu;
  • Memberikan konsultasi bisnis pada umumnya;
  • Memberikan nasihat tentang sistem akuntansi;
  • Audit laporan keuangan perusahaan maupun organisasi;
  • Melakukan Perencanaan, Konsultasi, dan Pelaporan Pajak Penghasilan.

Itulah sedikit gambaran mengenai ilmu akuntansi.

Jadi, apakah kamu semakin tertarik untuk lebih tahu apa saja prospek kerja dari lulusan akuntansi? Yuk simak informasinya sekarang!

#Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Pastinya, ilmu akuntansi sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang bisnis.

Sehingga tidak heran banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan akuntansi untuk mengisi kekosongan.

Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil untuk lulusan akuntansi ini antara lain:

#1. Auditor

Saat perusahaan dan organisasi dari sektor publik sedang dilakukan peningkatan pengawasan terhadap keuangan mereka, maka dibutuhkan auditor.

Auditor akuntansi dipercayakan dengan tanggung jawab untuk meninjau catatan keuangan dan memastikannya agar akurat.

Menjadi auditor, kamu akan bertugas dalam memastikan dan melaporkan bisnis dari suatu perusahaan maupun suatu instansi.

Auditor memainkan peranan penting dalam memastikan akurasi dan keuangan perusahaan didistribusikan dengan cara yang efisien.

Auditor dalam akuntansi akan berfokus pada proses internal untuk mitigasi risiko dan melakukan identifikasi bagian di mana penghematan biaya bisa dilakukan.

Kamu lulusan akuntansi dan tertarik untuk berkarir menjadi auditor?

#2. Financial Analyst

Salah satu karir yang paling diimpikan dalam bidang layanan keuangan adalah menjadi analis, terutama analis keuangan.

Sebagai seorang lulusan akuntansi, kamu bisa berkarir di bidang analis keuangan lo.

Analis keuangan bertanggung jawab dalam riset data untuk identifikasi peluang dan melakukan evaluasi untuk rekomendasi investasi maupun keputusan bisnis.

Secara umum, financial analyst bertugas dalam melakukan pemeriksaan data keuangan dan menggunakan temuan tersebut untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis.

Untuk lebih spesifik lagi, analis keuangan meneliti tentang kondisi makroekonomi dan mikroekonomi bersama dengan perusahaan untuk membuat prediksi tentang bisnis, industri, dan sektor.

Selain itu, seorang analis keuangan harus mampu menyadari perkembangan terkini di bidang yang menjadi spesialis mereka serta mempersiapkan pemodelan keuangan untuk memprediksi kondisi ekonomi di masa depan dengan menggunakan sejumlah faktor.

#3. Accounting Manager

Accounting manager atau manajer akuntansi adalah pemimpin dari anggota utama dari departemen akuntansi dari suatu perusahaan.

Seorang manajer akuntansi yang ahli di bidang tersebut akan bekerja dengan departemen lain untuk memastikan masalah keuangan perusahaan berjalan dengan baik.

Manajer akuntansi akan bertugas dalam mengawasi akuntan junior, akuntan, dan asisten lain di departemen.

Bidang tersebut menyiapkan laporan keuangan, mengelola berkas akun, memprediksi kebutuhan keuangan perusahaan, memastikan organisasi mengikuti persyaratan hukum dan peraturan, serta menyiapkan dokumentasi untuk kebutuhan perpajakan.

Semua tugas dari manajer akuntansi akan bergantung dari apa bisnis yang dijalankan misalnya menyiapkan anggaran tahunan, membuat rekomendasi tentang keputusan keuangan, dan melacak data keuangan.

#4. Assistant Controller

Sebagai lulusan akuntansi yang berpengalaman, kamu bisa berkarir menjadi assistant controller bagi suatu perusahaan maupun organisasi.

Assistant controller melakukan dukungan kontrol perusahaan dalam semua aktivitas yang berhubungan dengan akuntansi, termasuk akuntansi manajerial, akuntansi lanjutan, dan aktivitas keuangan dalam perusahaan.

Sebagai seorang yang berkarir dalam bidang ini, kamu harus mempunyai berbagai keterampilan analitis, komunikasi, organisasi, dan kemampuan teknologi yang kuat.

Untuk berkarir di posisi ini, umumnya perlu setidaknya pengalaman lima tahun di bidang akuntansi, atau keuangan, atau pengalaman akuntan publik.

Sebagai lulusan dengan sarjana akuntansi kamu bisa di sini, akan tetapi lebih diutamakan bagi pelamar dengan gelar MBA (Master Business Administration) atau bagi pelamar yang punya sertifikat CPA (Certified Public Accountant) atau CMA (Certified Management Accountant).

Secara umum, tugas dan tanggung jawab dari assistant controller antara lain meninjau data keuangan, membantu dalam penerbitan dan penyerahan faktur, mempersiapkan anggarakan tertulis dan laporan berdasarkan kebutuhan pelanggan, membangun sistem pengendalian internal untuk mencegah kesalahan dalam laporan keuangan, menyajikan laporan untuk bulanan, kuartal, dan akhir tahun, serta tugas lainnya.

#5. Accounting Software Developer

Accounting Software Developer bertugas membantu dalam pembuatan dan dukungan aplikasi yang digunakan dalam tujuan akuntansi.

Sebagai seorang accounting software developer, kamu bertanggung jawab untuk memastikan perangkat lunak dapat berfungsi dengan benar dalam mengelola setiap akun dan transaksi, melakukan verifikasi sistem bisa menangani berbagai macam entri yang dibuat oleh akuntan, dan menjalankan laporan untuk evaluasi situasi keuangan klien.

Biasanya, accounting software developer bekerja dalam tim karena sebagian besar data yang dimasukan ke dalam sistem akan menyangkut sistem moneter yang berfungsi dalam perhitungan yang akurat.

Tertarik untuk berkarir ke salah satu prospek kerja dari lulusan akuntansi ini?

#6. Cost Accountant

Cost accountant bekerja sebagai spesialis keuangan yang menentukan biaya sebenarnya yang berkaitan dengan penyediaan layanan atau pembuatan produk.

Tugas cost accountant akan melakukan penelitian terhadap semua biaya terkait dalam rantai pasokan, sehingga bisa analisis profit dan penyusunan anggaran.

Seorang cost accountant akan bertanggung jawab untuk mengumpulkan, validasi, sinkronisasi data untuk transparasi keuangan dan perbaikan proses.

Selain itu, tugas cost accountant lainnya adalah memulai proses dalam penutupan dan pelaporan akhir bulan untuk diserahkan ke manajemen. Kemudian menetapkan biaya standar dari proses bisnis seperti tenaga kerja, pengiriman, produksi, dan biaya administrasi.

Sebagai cost accountant, kamu akan bekerja sama dengan akuntan untuk memanfaatkan data yang diperoleh menggunakan sistem ERP dan CRM.

#7. Credit Analysis Manager

Sebagai lulusan akuntansi kamu bisa berkarir menjadi credit analysis manager.

Ketika kamu berkarir di bidang ini, maka kamu akan diberikan tanggung jawab dalam analisis dan melaporkan data keuangan klien.

Data tersebut termasuk riwayat kredit, kebiasaan pembayaran, pendapatan tahunan, dan aktivitas dari pembelian.

Menjadi credit analysis manager, kemungkinan besar akan ditugaskan untuk bekerja dengan perusahaan di industri tertentu dan kamu harus punya pengetahuan dan ketajaman bisnis yang kuat.

Sebagai contoh credit analysis manager biasanya akan bekerja di bagian pinjaman komersial dan analisis kredit bank.

Tertarik untuk mencoba berkarir di salah satu prospek kerja untuk lulusan akuntansi ini?

#8. Compliance Officer

Compliance Officer adalah seseorang yang bertugas untuk memastikan perusahaan mematuhi persyaratan peraturan dan hukum dari luar serta kebijakan dan anggaran rumah tangga internal.

Selain itu, compliance officer mempunyai tugas kepada atasan mereka untuk bekerja sama dengan manajemen dan staf untuk melakukan indentifikasi dan pengelolaan risiko peraturan.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memastikan bahwa organisasi mempunyai kontrol internal yang mengukur dan mengelola risiko yang dihadapi.

Jika terjadi pelanggaran peraturan, sangat penting sekali bagi petugas kepatuahn untuk menerapkan tindakan yang sesuai untuk menghindari kesalahan kembali di masa mendatang.

#9. Budget Analyst

Budget Analyst atau dikenal dengan analisis anggaran bertugas membantu organisasi besar maupun kecil tetap pada jalur keuangan agar bisa mempertahankan anggaran yang seimbang.

Sebagai analis anggaran, kamu akan membantu mengatur keuangan perusahaan dengan menjalankan laporan keuangan rutin, bekerja sama dengan pihak eksekutif tentang kebutuhan pendanaan, dan menilai keputusan anggaran.

Selain itu, budget analyst tidak hanya berfokus pada pengeluaran yang berlalu maupun saat ini.

Akan tetapi, karir tersebut juga bertugas dalam membantu organisasi untuk merencanakan pembelian serta menilai keutungan dan kerugian dalam pembelian untuk membantu pemimpin perusahaan.

Tertarik untuk menjadi budget analyst di suatu perusahaan? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

#10. Financial Advisor

Kamu lulusan akuntansi dan tertarik ingin menjadi financial advisor (penasihat keuangan)?

Tugas utama dari seorang financial advisor yakni memberikan nasihat keuangan kepada klien.

Seorang financial advisor harus mampu membangun kepercayaan dengan klien dan menanggapi pertanyaan dan masalh dengan baik.

Ketika menentukan portfolio investasi untuk klien, seorang financial advisor akan memperhitungkan berbagai informasi termasuk perubahan dari regulasi, tren dari ekonomi, serta membuat klien nyaman dari risiko.

Menjadi penasihat keuangan pastinya akan menilai kebutuhan keuangan individu untuk membantu dalam investasi (saham dan obligasi), keputusan asuransi, undang-undang perpajakan.

Financial advisor akan bekerja membantu klien dalam merencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang seperti biaya pendidikan dan pensiun.

#11. Forensic Accountant

Kamu lulusan akuntansi dan tertarik berkarir ke bidang investigasi keuangan?

Tentunya, kamu bisa berkarir ke akuntansi forensik yang banyak berkaitan dengan proses audit.

Forensic accountant bertugas dalam analisis, menafsirkan, dan meringkas masalah keuangan dan bisnis yang sangat kompleks.

Di sini, kamu akan menggunakan keterampilan akuntansi, audit, dan investigasi untuk melakukan suatu pemeriksaan keuangan individu dan keuangan bisnis.

Dalam dunia akuntansi forensik, biasanya sering digunakan dalam kasus penipuan dan penggelapan suatu kejahatan keuangan sehingga bisa dijelaskan di pengadilan.

Seorang forensic accountant pada umumnya bekerja pada perusahaan asuransi, kepolisian, perbankan, lembaga pemerintahan, maupun lembaga akuntansi publik.

Selain itu, ketika berkarir di bidang akuntansi forensik kamu akan menyusun bukti keuangan, mengembangkan aplikasi komputer untuk manajemen informasi yang dikumpulkan, dan membicarakan hasil temuan dalam bentuk laporan / presentasi.

#12. International Tax Manager

Kamu ingin berkarir dengan lingkup secara global? Mungkin menjadi international tax manager bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pekerjaanmu.

Seorang manajer pajak bertanggung jawab dalam membuat dan melakukan implementasi strategi perpajakan untuk para klien.

Kamu bertugas dalam mendukung bisnis dan individu dalam memastikan keakuratan dari tanggung jawab perpajakan serta kepatuhan terhadap semua undang-undang pajak yang berlaku.

Tentunya, manajer pajak mempunyai ruang lingkup dan tanggung jawab yang berbeda seperti bekerja untuk perusahaan, bisa saja membantu banyak bisnis dan individu, dan barangkali bekerja sebagai konsultan.

Karena perpajakan menjadi perhatian global dari berbagai banyak bisnis maka dibutuhkan orang yang terampil untuk pengelolaan risiko dengan kebijakan pajak di banyak negara.

Oleh karena itu, menjadi seorang international tax manager sangatlah penting, terutama bagi kantor akuntan publik dan perusahaan multinasional untuk urusan informasi pajak dalam skala global.

International Tax Manager sangat penting bagi organisasi yang menjalankan bisnis di banyak negara maupun bagi seseorang yang mendapatkan penghasilan dari investasi asing.

#13. Tax Accountant

Tidak seperti akuntan biasa yang cenderung mengurusi laporan keuangan dan posisi klien secara menyeluruh, tax accountant hanya berfokus pada pajak klien.

Tax accountant memastikan klien mematuhi semua undang-undang perpajakan dan mencegah dari dikenakannya denda dari pemerintah.

Seorang tax accountant akan menawarkan nasihat perencanaan pajak kepada klien dan membantu mereka dalam menghemat uang selama masa pajak.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja dari lulusan akuntansi ini?

#14. Treasury Analyst

Seorang treasury analyst bertanggung jawab dalam aktivitas keuangan dari suatu organisasi, mengelola cash flow, pendapatan, kredit, banyak aset, dan kewajiban-kewajiban lain.

Walaupun sebenarnya, tugas dari treasury analyst sangat bervariasi tergantung dari tempat kerja. Apakah bekerja dalam bidang organisasi non profit, bekerja dalam bisnis, maupun lembaga pemerintahan.

Treasury analyst juga bertugas dalam analisis pola keuangan dan membuat proyeksi pendapatan dan pengeluaran serta membantu dalam mengembangkan strategi investasi.

#15. Tax Consultant

Apakah kamu lulusan akuntansi dan ingin membantu orang atau organisasi untuk meningkatkan keamanan finansialnya?

Barangkali menarik jika kamu berkarir di bidang konsultan pajak.

Tax consultant bertugas dalam membantu orang dalam membuat keputusan yang tepat tentang masalah perpajakan.

Sebagai tax consultant, kamu akan membantu klien dalam menghemat uang dengan cara membuat keputusan keuangan agar bijak yang berkaitan dengan pajak.

Kamu juga akan mengumpulkan informasi tentang kondisi keuangan klien dan menyusun strategi dalam membantu mengurangi kewajiban pajak dengan mengambil keuntungan dari kredit dan pemotongan pajak.

Selain itu, sebagai konsultan pajak kamu bertugas memastikan klien untuk memenuhi kewajiban perpajakan dan mengikuti hukum yang berlaku.

#16. Chief Financial Officer

CFO (Chief Financial Officer) adalah seorang eksekutif senior yang bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan dari suatu perusahaan.

Tugas dari CFO ini meliputi pelacakan aliran dana dan perencanaan keuangan serta melakukan analisis kekuatan dan kelemahan keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Peran dari seorang chief financial officer hampir mirip dengan bendahara karena bertanggung jawab dalam pengelolaan divisi akuntansi dan keuangan.

Selain itu, tugas CFO juga memastikan laporan keuangan perusahaan akurat dan bisa diselesaikan tepat waktu.

#17. Content Writer

Kamu lulusan akuntansi dan hobi menulis sesuatu?

Jika iya, maka kamu bisa bekerja secara part time maupun full time writer.

Kamu bisa menjadi kontributor konten berbagai website maupun membuat blog sendiri.

Sebagai lulusan akuntansi, kamu bisa berfokus untuk membuat konten yang berkaitan erat dengan materi akuntansi maupun lainnya.

Adapun beberapa blog yang berkaitan dengan akuntansi antara lain AccountingWeb, AccountingCoach, SurePayroll, dan masih banyak lagi.

#18. Youtuber

Barangkali kamu lulusan akuntansi yang ingin menjadi seorang youtuber?

Sebagai lulusan akuntansi maupun mahasiswa dari program studi akuntansi kamu bisa mencoba berkarir menjadi youtuber.

Kamu bisa membuat video yang berkaitan dengan ilmu akuntansi maupun video yang tidak berkaitan dengan ilmu tersebut sesuai dengan hobimu.

Ada beberapa youtuber yang berfokus pada bidang akuntansi antara lain lain AccountingStuff, Accounting 101 Simplified, Financial Matter, CPA Strenght, dan masih banyak lagi.

#19. BUMN

Apakah kamu salah satu lulusan akuntansi dan ingin bekerja di perusahaan BUMN?

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di BUMN antara lain jenjang karir, gaji dan tunjangan yang tinggi, dan bisa mendapatkan asuransi.

Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara merupakan badan usaha atau keseluruhan kepemilikan sahamnya milik negara.

Adapun perusahaan BUMN antara lain Pertamina, PT Telekomunikasi Indonesia, PT Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

#20. Pemerintahan / Lembaga / Instansi

Lulusan akuntansi terbuka untuk berbagai lowongan yang ada di pemeritahan, lembaga, lembaga idependen, maupun instansi yang ada di Indonesia.

Banyak sekali lembaga yang membutuhkan akuntansi untuk menunjang kinerja dari lembaga tersebut baik untuk urusan keuangan, manajerial, maupun hal lainnya.

Beberapa lembaga yang membutuhkan lulusan akuntansi antara lain OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BI (Bank Indonesia), LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), Kementerian Keuangan RI, Kantor Pelayanan Pajak, BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dan masih banyak lagi.

#21. POLRI

Ingin berkarir menjadi anggota POLRI?

Sebagai lulusan akuntansi kamu juga bisa menjadi anggota polisi dengan pangkat perwira pertama.

Akan tetapi, kamu perlu melihat kebutuhan program studi yang dibuka di penerimaan anggota POLRI karena setiap tahun bisa saja berbeda.

Untuk menjadi anggota POLRI dari lulusan akuntansi, kamu bisa mendaftar melalui SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) dan pendidikan dilakukan selama 6 bulan.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja akuntansi ini? Cek penerimaan POLRI lebih lengkap di sini.

#22. TNI

Tidak hanya lulusan dari Akademi Militer saja yang bisa berpeluang untuk menjadi perwira pertama.

Sebagai lulusan akuntansi kamu berpeluang untuk mendaftar jadi perwira prajurit karir dari TNI.

Akan tetapi, kamu harus melakukan pengecekan ke website rekrutmen TNI terhadap lulusan program studi yang dibutuhkan karena setiap tahun bisa saja berbeda.

Kamu akan diseleksi lagi secara bertahap yakni Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, Akademik, dan Pantukhir.

Jika lolos maka kamu akan ditugaskan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi perwira TNI.

Kamu lulusan akuntansi dan ingin menjadi TNI? Cek informasi lengkapnya di sini.

#23. PNS

Ingin menjadi pegawai negeri sipil dari lulusan akuntansi?

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya ingin menjadi PNS dengan gaji dan tunjangan yang tetap.

Apalagi setiap pembukaan lowongan CPNS baik dari instansi/lembaga/departemen akan membuka lowongan dari lulusan akuntansi.

Selain mendapatkan gaji yang akan meningkat sesuai lama pengabdian dan pangkat, pastinya profesi sebagai CPNS saat ini masih dianggap bergengsi dan terhormat di masyarakat, termasuk calon mertua.

Apakah kamu salah satu lulusan akuntansi yang ingin menjadi pegawai negeri sipil?

#24. Dosen

Kamu bercita-cita ingin menjadi dosen setelah lulus dari program studi akuntasi?

Tentu bisa.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen kamu harus mempunyai persyaratan seperti sudah menyelesaikan pendidikan minimal S2 bahkan S3.

Menjadi seorang pengajar di perguruan tinggi pastinya dambaan bagi sebagian besar orang.

Tertarik untuk berkarir di salah satu prospek kerja dari lulusan akuntansi ini? Tulis pada kolom komentar ya.

#25. Wirausaha

Bagi kamu lulusan akuntansi yang ingin berfokus pada arah entrepreneur maka bisa membuka peluang bisnis mulai dari kecil.

Akan tetapi, untuk berwirausaha akan membutuhkan effort yang besar untuk mencapai kesuksesan. Bahkan tak jarang kamu akan mengalami banyak kegagalan.

Lulusan akuntansi punya dasar yang baik dalam perencanaan dan manajemen keuangan sehingga menjadi pengusaha merupakan peluang yang tepat.

Kamu juga bisa membuka peluang bisnis baru baik yang berkaitan dengan akuntansi maupun yang tidak ada kaitannya seperti membuka toko, membuka restoran, wirausaha online, dan masih banyak lagi.

#Berapa gaji Seorang Lulusan Akuntansi?

Kamu ingin tahu berapa gaji dari lulusan akuntansi?

Pastinya setiap pekerjaan mempunyai gaji yang bermacam-macam sesuai dengan tingkat kesulitan dan pengalaman kerja.

Berdasarkan data dari U.S.News, gaji rata-rata untuk lulusan akuntansi adalah sebesar $70,500 per tahun atau sekitar Rp 987 juta per tahun (kurs 14.000).

Lalu, bagaimana dengan gaji dari lulusan akuntansi di Indonesia?

Berdasarkan data dari PayScale, gaji rata-rata bagi seseorang yang berkarir di bidang akuntansi adalah sebesar Rp 101.960.784 per tahun.

Atau jika dikonversikan ke bulan, maka lulusan akuntansi di Indonesia rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp 8,49 juta per bulan.

Mestinya gaji tersebut akan terus bertambah seiring dengan kemampuan dan keahlian kamu dalam bekerja.

#Dimana Tempat Kuliah Jurusan Akuntansi?

Kamu masih bingung ingin melanjutkan kuliah dimana?

Tentu saja, banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi akuntansi ini.

Kamu bisa memilih sekolah kedinasan seperti Politeknik Keuangan STAN yang menawarkan jurusan D-3 Akuntansi. Ketika kamu lulus dari STAN maka bisa langsung menjadi CPNS dan ditempatkan di seluruh Indonesia.

Atau mungkin kamu juga bisa memilih Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta untuk mengambil program studi Akuntansi.

Untuk PTN yang menyelenggarakan program studi S-1 Akuntansi antara lain:

  • S-1 Akuntansi UGM – Yogyakarta
  • S-1 Akuntansi UI – Depok
  • S-1 Akuntansi UNDIP – Semarang
  • S-1 Akuntansi UB – Malang
  • S-1 Akuntansi UNS – Surakarta
  • dst.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jurusan akuntansi di kampus swasta yang tidak kalah dengan kampus negeri antara lain:

  • S-1 Akuntansi Universitas Telkom – Bandung
  • S-1 Akuntansi Universitas Islam Indonesia – Yogyakarta
  • S-1 Akuntansi Universitas Trisakti

Selain itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah akuntansi di luar negeri juga bisa banget.

Kamu bisa mengambil program beasiswa maupun menggunakan biaya secara mandiri.

Beberapa universitas di luar negeri yang membuka program accounting antara lain:

  • Harvard University
  • Standford University
  • National University of Singapore
  • The University of Melbourne
  • The University of Sydney

Kamu pengin kuliah di mana nih?

Tuliskan pada kolom komentar di bawah dan semoga cita-citamu tercapai.

#Kesimpulan

Demikian informasi tentang peluang karir maupun prospek kerja dari lulusan akuntansi yang perlu kamu ketahui.

Kamu ingin berkarir menjadi apa nih dari daftar prospek kerja lulusan akuntansi di atas?

Siapa tahu kamu salah satu lulusan akuntansi yang sudah bekerja di bidang lain juga.

Share pengalaman kamu juga pada kolom komentar dong.

Barangkali kamu tidak setuju dengan pernyataan di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang lulusan akuntansi ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

#Q&A – Prospek Kerja Akuntansi

Apa itu akuntansi?

Akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan erat dengan bisnis. Proses akuntansi tersebut meliputi melakukan ringkasan, analisis, dan melaporkan transaksi ke badan pengawas, regulator, maupun badan pemungut pajak.

Berapa gaji lulusan akuntansi?

Berdasarkan data dari U.S.News, gaji rata-rata untuk lulusan akuntansi adalah sebesar $70,500 per tahun atau sekitar Rp 987 juta per tahun (kurs 14.000). Lalu, bagaimana gaji lulusan akuntansi di Indonesia? Ingin tahu lebih lengkap? Cek di sini ya.

Lulusan akuntansi kerja apa?

Ada banyak lowongan yang membutuhkan lulusan akuntansi mulai dari organisasi, perusahaan, pemerintahan, lembaga keuangan, institusi. Kamu bisa berkarir menjadi auditor, dosen, compliance officer, tax accountant. Untuk lebih lengkapnya cek di sini.

Apa gelar yang didapat lulusan akuntansi?

Rekomendasi Untukmu

Prospek Kerja Lulusan Fisika

21 Prospek Kerja Lulusan Fisika (2021)

Prospek Kerja Lulusan Biologi

21 Prospek Kerja Lulusan Biologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Kimia

27 Prospek Kerja Teknik Kimia Terbaru (2021)

Prospek Kerja Psikologi

27 Prospek Kerja Lulusan Psikologi (2021)

Prospek Kerja Teknik Sipil

25 Prospek Kerja Teknik Sipil Terbaru (2021)

6 responses to “25 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi (2021)”

  1. masmur nainggolan says:

    terimakasih atas imformasinya.. smoga berguna untuk semua yg memilih jrusan akuntan

  2. akuntansi memang mantap, hampir semua perusahaan butuh akuntan

  3. leica says:

    Terima kasih sangat bermanfaat informasinya

  4. Sudah dari dulu bercita-cita jadi auditor. Sekarang saya kuliah jurusan akuntansi semester 6 semoga kedepannya cita-cita saya bisa tercapai. Aamiin.
    artikel ini juga berguna bagi yang memilih jurusan akuntansi
    Terimasih penulis

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.