18 Prospek Kerja Sistem Informasi Terbaru (2022)

Prospek Kerja Sistem Informasi

Kamu ingin masuk dan melanjutkan kuliah ke jurusan sistem informasi? Akan tetapi, masih bingung apa saja sih prospek kerja dan karier dari seorang lulusan sistem informasi?

Oke, kamu sangat tepat karena telah berkunjung ke artikel ini.

Kali ini saya akan membahas mengenai apa saja peluang kerja dari lulusan sistem informasi dan tentu gaji yang bisa kamu dapatkan.

Di samping itu, saya juga akan menjelaskan beberapa kampus / universitas yang membuka program studi sistem informasi ini.

Atau kamu masih bingung nih mau mendaftarkan diri ke kampus mana yang ada prodi sistem informasi nih?

Sebelum mengetahui prospek kerja dan tugas dari pekerjaan dari seorang lulusan sistem informasi, alangkah baiknya kamu pahami dulu tentang jurusan sistem informasi ini.

# Apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Sistem informasi merupakan bidang yang melibatkan desain, penggunaan teknologi, dan komunikasi untuk memecahkan suatu masalah bagi suatu perusahaan, pemerintah, maupun di lingkungan masyarakat.

Sistem informasi juga memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, menyimpan, mengatur, dan melakukan distribusi data dengan tujuan yang bisa melayani bagi perusahaan.

Di samping itu, banyak bisnis yang menggunakan sistem informasi untuk melakukan peningkatan efisiensi dan mengelola sumber daya yang ada untuk bersaing di pasar lokal maupun pasar global.

Jurusan sistem informasi sangat cocok untuk kamu yang minat dengan dunia ilmu komputer, teknologi informasi, dan bisnis yang mana ilmu ini saling berkaitan dengan lainnya.

# Prospek Kerja dari Lulusan Sistem Informasi

Lulusan sistem informasi bisa bekerja di berbagai bidang kehidupan terutama yang membutuhkan penerapan bantuan teknologi.

Mulai dari industri IT, manufaktur, pemerintah, keuangan, dan lainnya.

Berikut ini merupakan daftar prospek kerja dari lulusan sistem informasi yang perlu kamu tahu.

#1. Web Developer

Sejak abad ke-20, perkembangan internet terus berkembang sangat pesat. Sehingga tidak heran, persentasi orang yang menggunakan internet terutama website semakin meningkat setiap hari.

Web development menjadi profesi yang berkembang cepat dan karier paling menarik dengan daya tarik bayaran tinggi.

Jadi, web developer atau programmer adalah seseorang yang mempunyai tugas untuk memastikan dalam pembuatan website sehingga menarik secara visual dan mudah dalam melakukan navigasi.

Selain itu, tugas web developer untuk setiap perusahaan akan berbeda misalnya bertanggung jawab untuk performa dan kapasitas dari suatu website.

#2. Database Administrator

Apakah kamu suka pekerjaan yang berkaitan basis data? Mungkin salah satu prospek kerja dari sistem informasi ini cocok untukmu.

Seorang database administrator menggunakan software untuk melakukan penyimpanan dan pengaturan data misalnya tentang informasi catatan keuangan.

Di samping itu, pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab untuk memastikan data selalu tersedia dan aman dari akses yang tidak punya kunci.

Selain itu, mencadangkan sistem juga menjadi tugas krusial bagi seorang database administrator.

Database administrator bisa bekerja di berbagai bidang industri seperti perusahaan startup, perusahaan multinasional, perusahaan asuransi, perbankan.

Cek juga: Apa itu database administrator? Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan ini?

#3. WordPress Developer

Dilansir dari W3Techs (Januari 2022), platform WordPress digunakan sebanyak 43.2% dari semua website di seluruh dunia. Sangat menarik bukan?

WordPress Developer adalah seorang pengembang yang mempunyai spesialisasi di bidang infrastruktur dan ekosistem dari platform WordPress.

Sebagai WordPress developer kamu akan bertugas untuk peningkatan software WordPress itu sendiri, maupun membuat produk baru seperti membuat plugin atau membuat themes.

Selanjutnya, kamu kemungkinan juga akan bekerja dengan para klien untuk membantu membuat, menyesuaikan, dan mengelola situs WordPress.

Tidak menutup kemungkinan juga akan bertugas dalam melakukan desain untuk peningkatan SEO dan konversi.

Nah, apakah kamu semakin tertarik untuk berkarier di salah satu prospek kerja dari lulusan sistem informasi ini?

#4. Information Security Analyst

Kebutuhan akan perlindungan dan keamanan data semakin meningkat seiring kemajuan teknologi informasi di berbagai bidang kehidupan.

Information security analyst atau analis keamanan informasi bertanggung jawab untuk melindungi semua informasi sensitif dari perusahaan atau sebuah organisasi.

Karena peningkatan peretasan dan data breach yang terjadi di seluruh perusahaan maupun pemerintahan, maka kebutuhan untuk menjaga keamanan informasi pribadi dari serangan siber menjadi lebih besar.

Sebagai analis keamanan informasi, kamu akan bertugas dalam mengambil langkah untuk melindungi data sensitif dan selangkah lebih maju dibandingkan peretas dunia maya.

Dalam konteks ini, kamu akan membantu mengembangkan, menerapkan, dan memastikan kepatuhan dalam perlindungan data, kemudian membangun firewall, dan melakukan enkripsi data untuk mengamankan informasi rahasia yang akan diterima atau dikirimkan.

#5. Data Scientist

Data scientist (data saintis) bertugas dalam mengumpulkan dan melakukan analisis terhadap kumpulan data baik data terstruktur maupun data tidak terstruktur.

Peran seorang data saintis akan menggunakan kombinasi dari ilmu komputer, statistik, dan matematika.

Kamu akan berperan dalam menganalisis, memproses, dan melakukan pemodelan data untuk kemudian mengimplemetasikan hasilnya untuk rencana kedepan sebuah perusahaan.

Di samping itu, kamu akan memanfaatkan keterampilan baik di bidang teknologi maupun ilmu sosial untuk menemukan tren dan mengelola berbagai data.

#6. Business Analyst

Business analyst atau analis bisnis bertanggung jawab sebagai jembatan antara teknologi informasi dan bisnis.

Kamu akan bekerja dengan menggunakan data analitik untuk menilai suatu proses, menentukan persyaratan, dan memberikan suatu rekomendasi atau laporan berbasis data kepada atasan.

Analis bisnis terlibat langsung pada pemimpin bisnis dan pengguna untuk memahami bagaimana proses perubahan data pada proses, produk, layanan, perangkat lunak, dan perangkat keras untuk meningkatkan suatu efisiensi.

Di samping itu, analis bisnis akan membuat analis bisnis lebih detail, melakukan pelaporan, planning, memprediksi, dan membuat persyaratan bisnis serta melaporkan balik kepada para stackholder.

#7. Data Analyst

Banyak data di era informasi ini tentu bisa digunakan untuk analisis data yang bertujuan untuk mendapatkan profit untuk suatu perusahaan.

Data analyst bertugas dalam mengambil data, mengambil jawaban dari customer, dan berkomunikasi untuk mendapatkan hasil dalam membantu keputusan perusahaan.

Contoh umum dari peran data analyst di suatu perusahaan yaitu membantu dalam penjualan produk dengan melakukan identifikasi terlebih dahulu dengan target iklan agar menjadi lebih tepat sasaran.

#8. Technical Writer

Tertarik dengan dunia penulisan?

Technical writer adalah seseorang yang bertugas mengubah materi tertulis yang kompleks kemudian dilakukan penulisan dokumentasi yang jelas dan mudah dibaca oleh para pengguna.

Kamu akan bertugas dalam mengumpulkan dan mengembangkan informasi teknis untuk membuat petunjuk pemeliharaan, operasi, instruksi, artikel jurnal, dan dokumtasi lainnya.

Sebagai lulusan dari sistem informasi yang suka dengan penulisan tentunya kamu akan berpeluang besar menjadi technical writer, misalnya tentang dokumentasi dari pembuatan software dan petunjuk instalasi software.

Selain itu, sebagai technical writer diharapkan untuk mempunyai keterampilan bahasa, menulis, serta komunikasi yang baik dalam membuat dokumentasi yang bebas dari kesalahan untuk membangun kredibilitas.

#9. Software Engineer

Pernahkah terpikirkan dalam benakmu, siapa yang membuat berbagai macam aplikasi dan website yang kamu pakai setiap hari.

Lantas, apakah kamu termasuk orang yang suka memecahkan masalah? Barangkali profesi software engineer ini sangat cocok untuk prospek kerja dari jurusan sistem informasi.

Seorang software engineer akan menerapkan ilmu matematika dan ilmu komputer untuk merancang dan mengembangkan software komputer.

Di sisi lain, untuk menjadi seorang software engineer maka kamu harus mempunyai kemauan yang kuat untuk belajar sesuatu yang baru karena dunia teknologi berkembang dengan sangat cepat.

#10. Mobile Developer

Mobile developer merupakan seseorang yang berfokus pada pengembangan software atau sistem untuk smartphone.

Pekerjaan ini menjadi semakin populer karena semakin banyak orang yang menggunakan smartphone ketimbang menggunakan komputer untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Untuk mobile developer sendiri bisa terbagi untuk pengembang untuk teknologi aplikasi android atau pengembang untuk iOS dari Apple.

Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk berkarier ke salah satu prospek kerja dari sistem informasi ini? Tuliskan pada kolom komentar ya.

#11. Network Architect

Network architect bertugas dalam melakukan perancangan dan membangun jaringan komunikasi data yang ada.

Jaringan tersebut mencakup jaringan lokal, jaringan area yang lebih luas, intranet, maupun jaringan yang mempunyai jangkauan kecil sampai sistem komunikasi yang terdistribusi secara global.

Selain itu, network architect juga melakukan peningkatan software seperti driver jaringan, adapter, maupun router.

#12. Game Developer

Suka main game? Tertarik untuk membuat game?

Barangkali kamu tertarik untuk berkarier di salah satu prospek kerja dari lulusan sistem informasi ini.

Industri game terus berkembang pesat baik itu dalam bentuk komputer maupun mobile game.

Untuk menjadi seorang game developer kamu harus kuat dalam algoritme dan pemecahan masalah ya.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman mulai dari JavaScript, Python, C#, maupun bahasa C++.

#13. UX Designer

Pernahkan kamu melihat tampilan aplikasi dengan tata letak yang sangat mengagumkan?

Sebagai seorang UX designer, kamu akan berperan penting dalam membuat produk dan teknologi yang bisa digunakan, dinikmatik, dan diakses oleh para pengguna.

Di samping itu, kamu juga akan bertugas untuk mendesain produk baru, menghadirkan fitur baru, maupun membuat perubahan pada produk yang sudah ada.

Tertarik untuk berkarier ke salah satu prospek kerja dari lulusan sistem informasi ini? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

#14. QA Engineer

QA merupakan singkatan dari Quality Assurance.

Secara umum, QA Engineer berperan dalam memvalidasi bahwa pengembangan produk yang dibuat adalah produk yang diinginkan oleh para pelanggan dan bisa dirilis tanpa bug.

Software developer akan membuat perangkat lunak kemudian menyerahkannya kepada QA Engineer untuk dilakukan pengujian aplikasi secara manual dan mengirim laporan jika terdapat daftar bug untuk dilakukan perbaikan.

Sehingga peran utama dari QA engineer berfokus pada peningkatan proses pengembangan software dengan mendeteksi kesalahan dalam suatu produk dan mencegah terjadinya kesalahan produksi.

#15. SEO Specialist

Pernahkah kamu melakukan pencarian di Google dan mendapati suatu website di ranking pencarian pertama Google? Pernahkan kamu bertanya mengapa bisa website tersebut bertengger di halaman pertama?

Nah, itu adalah tugas dari seorang SEO Specialist.

Sebelumnya, SEO (Search Engine Optimization) adalah proses untuk meningkatkan keterlihatan suatu website ketika pengguna melakukan pencarian dari suatu produk menggunakan Google, Bing, atau mesin pencari lain.

Jadi, SEO Specialist merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan pengujian, analisis, dan mengubah situs web sehingga situs tersebut mendapatkan peringkat lebih tinggi dari hasil penelusuran di mesin pencari.

Di samping itu, pekerjaan ini juga dituntut untuk memastikan hasil pencarian yang relevan, menciptakan user experience yang baik, meningkatkan trafik website, dan meningkatkan brand awareness.

Dengan kata lain, SEO Specialist berpedan dalam menciptakan lebih banyak penjualan untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

Selain itu, sebagai SEO Specialist kamu juga akan bekerja sama dengan anggota tim marketing lainnya untuk mengembangkan sesuatu yang baru maupun mengelola media sosial untuk meningkatkan trafik pada pengguna.

#16. Ethical Hacker (Penetration Tester)

Ethical hacker dikenal juga sebagai white hat hacker. Di mana tugas kamu adalah melakukan identifikasi celah keamanan pada suatu sistem sebelum diketahui oleh penyerangan kejahatan siber.

Sebagai ethical hacker, kamu akan menggunakan pengetahuanmu untuk mengamankan dan meningkatkan teknologi dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Di samping itu kamu akan mencari celah yang bisa menyebabkan pencurian data dan melaporkan jika terdapat kerentanan untuk selanjutnya dilakukan saran perbaikan.

Dalam banyak kejadian, ethical hacker akan melakukan pengujian terhadap suatu sistem untuk memastikan kerentanan teratasi sepenuhnya.

#17. Digital Marketer

Kamu lulusan sistem informasi dan tertarik dengan pemasaran menggunakan media internet? Barangkali profesi digital marketer cocok untuk kamu.

Digital marketer berperan dalam menyalurkan melalui media digital untuk menjangkau pelanggan, kemudian membangun branding produk, maupun melakukan promosi dari produk dan layanan.

Sebagai digital marketer kamu harus berperan dan mempunyai kemampuan untuk perencanaan, kreativitas, dan membuat strategi jitu dalam pemasaran sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga harus mampu menguasai keterampilan dan alat untuk membantu saluran digital terus berkembang untuk membuat, mengelola, dan tracking campaign.

Ada beberapa tipe dan jenis dari digital marketing antara lain SEO marketing, PPC marketing, Email marketing, Social media marketing, dan sebagainya.

#18. DevOps Engineer

DevOps Engineer akan bertugas untuk memproses, menggunakan alat, dan menggunakan metodologi untuk kebutuhan software development life cycle (SDLC).

Kamu akan beperan langsung dalam koding, development, penggabungkan kode, sampai pemeliharaan, manajemen aplikasi, dan pembaruan dari suatu software.

Dalam lingkungan agile development, baik developer, system administratoer, programmer dapat disatukan dan bekerja pada produk yang sama.

# Gaji Lulusan Sistem Informasi

Penasaran berapa sih gaji dari seorang lulusan Sistem Informasi?

Menurut data dari PayScale, gaji tahunan untuk seorang lulusan sistem informasi di Indonesia adalah sebesar Rp90 juta setahun. Atau jika dibuat dalam hitungan bulan menjadi sekitar Rp7.5 juta per bulan.

Perlu digaris bawahi bahwa setiap job desk pekerjaan akan mempunyai gaji yang berbeda.

Gaji tersebut akan berbeda sesuai dengan pengalaman dan kemampuan dari orang tersebut.

Gaji dari sistem informasi tersebut akan naik seiring dengan pengalaman kamu bekerja di suatu perusahaan.

# Tempat Kuliah Sistem Informasi

Kamu masih bingung mau mengambil kampus jurusan sistem informasi di mana?

Pastinya, banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini.

Kamu bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta sesuai minat dan kemampuan keuangan kamu.

Untuk PTN di Indonesia sendiri yang menyelenggarakan program studi S-1 Sistem Informasi antara lain:

S-1 Sistem Informasi ITS (Akreditasi A)

S-1 Sistem Informasi UB (Akreditasi A)

S-1 Sistem Informasi UI (Akreditasi Unggul)

Bagi kamu yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi swasta yang tidak kalah dengan PTN antara lain:

S-1 Sistem Informasi Universitas Telkom (Akreditasi Unggul)

S-1 Sistem Informasi UNTAR (Akreditasi A)

S-1 Sistem Informasi Universitas Gunadarma (Akreditasi A)

S-1 Sistem Informasi BINUS (Akreditasi A)

# Kesimpulan dari Prospek Kerja Sistem Informasi

Demikian informasi tentang prospek kerja dari seorang lulusan sistem informasi yang perlu kamu ketahui.

Kamu ingin jadi apa nih dari daftar prospek kerja lulusan sistem informasi di atas?

Barangkali juga kamu merupakan lulusan sistem informasi yang sudah bekerja di bidang lain? Bagikan juga pengalaman kamu dong.

Atau… kamu kurang setuju dengan list di atas? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ini ya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang jurusan sistem informasi ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.