Pendaftaran STIS 2020: Jurusan, Syarat, Jadwal, Kuota & Gaji Terbaru

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS
Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Pendaftaran Politeknik Statistika STIS setiap tahun menyaring berbagai calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke salah satu sekolah kedinasan di Indonesia.

Apa Itu Politeknik Statistika STIS?

Politeknik Statistika STIS merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan favorit dan terkenal yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik.

STIS telah dibuka sejak tahun 1958 dan membuka program Diploma yang diberikan untuk lulusan SMA IPA untuk menjadi seorang ahli statistik.

Kampus dari Politeknik Statistika STIS sendiri telah berdiri sejak tanggal 11 Agustus 1958 dan berada di Jalan Otto Iskandardinata No.64C 1 4, RT.1/RW.4, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330.

Kelebihan Kuliah di STIS?

Banyak sekali calon mahasiswa dari seluruh Indonesia berkompetisi untuk memperebutkan kursi daya tampung dari penerimaan STIS ini.

Bahkan ada banyak anak kelas 12 dan alumni rela berjuang mengambil bimbingan belajar/les/privat demi berjuang mendapatkan kursi ini lo?

Ada banyak sekali kelebihan yang membuat kampus STIS ini menjadi incaran calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berikut ini merupakan sebagian kecil dari kelebihan ketika kamu sudah kuliah di Politeknik Statistika STIS ini.

Simak yuk!

1. Pendidikan Gratis

Banyak dari calon mahasiswa yang berpikir dua kali untuk masuk dan melanjutkan pendidikan ke kuliah karena terhalang dengan biaya kuliah.

Kelebihan dari STIS sendiri tidak akan membebani mahasiswa untuk membayar biaya kuliah yang sebagian besar mahal.

Sehingga, ketika kamu sudah diterima di kampus ini, maka seluruh biaya pendidikan kuliah akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak kampus alias gratis.

2. Lulus Langsung Bekerja

Ketika sudah lulus dari pendidikan STIS tidak usah pusing untuk mencari pekerjaan karena kamu akan langsung ditempatkan pada instansi atau lembaga pemerintahan.

Setelah lulus dari STIS maka kamu akan langsung diangkat menjadi CPNS dengan lulusan bergelar Sarjana Terapan.

Selain itu, keunggulan pekerjaan PNS adalah pekerjaan tersebut biasanya berlangsung lama dan jarang terjadi yang namanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Apakah kamu semakin ingin kuliah dan mendaftar di STIS?

3. Jaminan Masa Pensiun

Kebanyakan orang tertarik untuk menjadi PNS karena jaminan masa tua yang terjamin.

Walaupun sudah pensiun, maka lulusan PNS dari STIS nantinya akan menerima gaji yang cukup di masa tua nanti.

4. Gaji dan Tunjangan Naik Setiap Tahun

Setelah lulus dari STIS maka kamu akan diangkat menjadi ASN untuk program D-III menjadi golongan II/c, sedangan untuk program D-IV kamu akan diangkat menjadi golongan III/a.

Semakin lama bekerja sebagai PNS maka semakin besar pula gaji pokok dan tunjangan yang diberikan.

Apalagi jika mengajukan pangkat dan golongan otomatis gaji akan bertambah.

5. Menambah Relasi

Ketika kamu masuk ke dunia perkuliahan otomatis bisa bertemu teman-teman yang berasal dari berbagai macam daerah di seluruh nusantara.

Kemungkinan besar kamu akan bertemu mahasiswa dengan latar belakang bahasa dan budaya yang berbeda.

Jurusan dan Daya Tampung di STIS

Politeknik Statistika STIS akan menerima mahasiswa dengan status ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian sebagai berikut:

  • Diploma III – Program Studi Statistika (150 mahasiswa)
  • Diploma IV – Program Studi Statistika (300 mahasiswa)
  • Diploma IV – Program Studi Komputasi Statistik (150 mahasiswa)

Untuk memastikan silahkan cek pada situs resmi Politeknik Statistika STIS karena bisa berubah setiap tahun.

Untuk kamu ketahui, lulusan dari program D-III akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia dan diangkat sebagai calon ASN (Aparatur Sipil Negara) dengan golongan II/c.

Sedangkan untuk lulusan dari program D-IV akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS/Kementerian /Instansi/ Lembaga lain di seluruh wilayah Indonesia sebagai calon ASN (Aparatur Sipil Negera) dengan golongan III/a.

Selain itu, selama masa pendidikan di kampus STIS ini mahasiswa akan dibebaskan dari biaya pendidikan kuliah namun tanpa uang saku.

Sistem dan Tahapan Seleksi STIS

Bagi kamu yang belum tahu, seleksi penerimaan mahasiswa baru dari STIS dilakukan melalui 4 (empat) tahapan oleh calon mahasiswa yakni sebagai berikut:

Perlu kamu ketahui, setiap tahapan tes menggunakan sistem gugur, artinya jika kamu gagal di salah satu tes maka tidak akan bisa melanjutkan ke tahap tes berikutnya.

a. Tahap I : Tes Akademik

Di tahap ini kamu akan menghadapi ujian tes akademik (Matematika) dengan menggunakan sistem Ujian Berbasis Komputer.

b. Tahap II : SKD

Di tahap ini para calon mahasiswa akan berkompetisi melaksanakan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya tes SKD meliputi TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Inteligensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Hampir mirip dengan seleksi CPNS sih. Hehehe

c. Tahap III : Psikotes

Biasanya psikotes kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam tes seperti tes logika matematika, tes logika aritmatika, tes analogi verbal, tes logika penalaran, tes kraeplien, tes gambar, dan tes psikotes lainnya sesuai kebijakan.

d. Tahap IV: Tes Kesehatan dan Kebugaran

Para peserta akan dilakukan tes kesehatan atau disebut dengan medical check-up.

Kamu akan menjalani berbagai tes seperti tes narkoba, tes buta warna, tes darah, cek tinggi dan berat badan, tes rongten, tes EKG dan masih banyak lagi.

Tes ini dilakukan di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh pihak STIS dan besaran biaya berbeda-beda untuk setiap rumah sakit.

Persyaratan Ikatan Dinas STIS

Ada banyak sekali persyaratan yang perlu kamu ketahu dalam proses seleksi dari penerimaan mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

A. Persyaratan Umum

  1. Sehat jasmani dan rohani (dalam artian dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial), dan bebas narkoba.
  2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
  3. Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS kelas XII;
  4. Nilai matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (dengan skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapot kelas XII semester I;
  5. Umur minimal 16 tahun dan umur maksimal 22 tahun, per 1 September
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan menjadi PNS;
  7. Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Sesudah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS) / Lembaga / Kementerian / Instansi lainnya sesuai penempatan di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

Asal SMA/MA peserta dari Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang telah dibuktikan dengan salinan ijazah/rapor SMA/MA.

Prosedur Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh calon peserta, yakni pendaftaran dilakukan secara online melaui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pendaftar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor dari Kartu Keluarga (KK).
  2. Pendaftar melakukan login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan kata sandi (password) yang telah didaftarkan.
  3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan yakni Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.
  4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak bukti pendaftaran.
  5. Pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS di halaman https://spmb.stis.ac.id dan login menggunakan NIK dan kata sandi (password) sesuai dengan portal SSCASN.
  6. Sesudah login, pendaftar akan mendapatkan Kode Pembayaran dan diminta untuk memverifikasi email.
  7. Pendaftar membayar biaya seleksii dengan menggunakan Kode Pembayaran tersebut melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan.
  8. Sesudah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTUPM).
  9. Calon peserta kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTUPM tersebut.
  10. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.
Alur Pendaftaran Politeknik Statistika STIS
Alur Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Itulah urutan mengenai prosedur pendaftaran dari SPMB Politeknik Statistika STIS, harap untuk dicermati baik-baik tahapan tersebut.

Biaya Seleksi Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Nah, ketika kamu melakukan pendaftaran ke kampus ini, calon peserta akan dikenakan biaya seleksi sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

Besaran biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan PP nomor 63 Tahun 2016 tentang Jeis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

Perlu diperhatikan, biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Jadwal Seleksi

Mau tahu jadwal kegiatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru STIS?

Cek situs resmi dari SPMB Politeknik Statistika STIS di sini.

Lokasi Ujian Pendaftaran Politeknik Statistika STIS

Lokasi ujian berada di 34 ibukota dari provinsi di seluruh Indonesia meliputi kota Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandar Lampung, Pangkalpinang, Tanjungpinang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Serang, Denpasar, Mataram, Kupang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarbaru, Samarinda, Tanjung Selor, Manado, Palu, Makassar, Kendari, Gorontalo, Mamuju, Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Website Resmi, Sosial Media, dan Alamat Panitia Pelaksana

  1. Segala informasi mengenai PMB Politeknik Statistika STIS bisa diakses melalui portal SPMB Politeknik STIS yakni https://spmb.stis.ac.id ;
  2. Atau melalui media sosial:
    • Twitter                        : @STISJKT
    • Facebook Page           : Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Official)
    • Instagram                   : @polstatstis
  3. Alamat Panitia Pusat adalah di Kampus Politeknik Statistika STIS, Jalan Otto Iskandardinata No. 64C Jakarta Timur 13330. Telp: (021) 8508812, 8191437, Fax: 8197577. Hotline PMB Telp: (021) 85900884. (Jam Kerja Senin – Jumat, Pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB).
  4. Alamat Panitia Daerah adalah di Kantor BPS Provinsi di seluruh Indonesia (kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta). Alamat kantor BPS Provinsi bisa dilihat di website BPS di www.bps.go.id.

Informasi Tambahan tentang PMB STIS

  1. Calon peserta hanya boleh melamar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian / Lembaga sesuai Pengumuman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 8/393/S.SM.01.00/2019.
  2. Segala pertanyaan terkait seleksi PMB hanya dilayani melalui portal helpdesk dengan alamat https://helpdesk.stis.ac.id.
  3. Keputusan panitia penerimaan mahasiswa baru tidak dapat diganggu gugat.
  4. Apabila peserta ujian memberikan keterangan / informasi atau data yang tidak benar, dan dikemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes/ujian, maupun setelah menjadi mahasiswa, Politeknik Statistika STIS berhak untuk membatalkan kelulusan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan/atau mengeluarkan yang bersangkutan dari pendidikan.
  5. Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan PMB Politeknik Statistika STIS akan diinformasikan melalui Website Politeknik Statistika STIS, Kantor BPS Provinsi, dan Kampus Politeknik Statistika STIS.
  6. Politeknik Statistika STIS tidak menerbitkan pembahasan soal-soal seleksi tahun-tahun sebelumnya, tidak membuat prediksi soal tahun ini, serta tidak menyelenggarakan dan tidak bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun termasuk dengan UKM BIMBEL/BIUS.
  7. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Politeknik Statistika STIS / BPS. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia.
  8. Pengaduan dugaan adanya pelanggaran pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru dapat dilaporkan melalui situs https://helpdesk.stis.ac.id dengan kategori berupa Pengaduan.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai informasi pendaftaran Politeknik Statistika STIS berserta syarat masuk, jurusan, tahapan seleksi, dan lainnya.

Bila ada informasi yang kurang sesuai harap tuliskan pada kolom komentar di bawah karena diskusi itu menarik.

Jangan lupa untuk membagikan informasi tentang pendaftaran STIS ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan melalui media sosial.

Cek Juga Informasi Pendaftaran PKN STAN!

Silahkan tuliskan jurusan di STIS yang kamu inginkan di kolom komentar di bawah ini.

Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih.

Rekomendasi Untukmu

Pendaftaran dan Biaya Seleksi Mandiri SM UPI

Pendaftaran dan Biaya Seleksi Mandiri UPI 2020

Pendaftaran dan Biaya Jalur Seleksi Mandiri UB Malang

Pendaftaran dan Biaya Seleksi Mandiri UB Malang 2020

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES Semarang

Pendaftaran dan Biaya Seleksi Mandiri UNNES 2020

Pendaftaran SIMAK UI

Pendaftaran dan Biaya SIMAK UI 2020

Pendaftaran dan Biaya Kuliah Ujian Mandiri UNDIP

Pendaftaran dan Biaya Kuliah S1 UM/Ujian Mandiri UNDIP 2020

2 responses to “Pendaftaran STIS 2020: Jurusan, Syarat, Jadwal, Kuota & Gaji Terbaru”

  1. TIARA PUTRI NURMASAROH says:

    PROGRAM STUDY STATISTIKA

  2. HIBRUSSOLEH AKHMAD says:

    Stastika tetap terdepan

Berikan Komentarmu ...

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.