Profil Kampus UNPAD (Universitas Padjadjaran) Bandung – Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia dan berdiri pada tanggal 11 September 1957. Mempunyai 2(dua) kampus utama di Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur Bandung dan Kampus Jatinagor, Kabupaten Sumedang.

Pada 20 Oktober 2014, UNPAD berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud). Selain itu berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan pada 16 Januari 2014, Unpad mendapat peringkat akreditasi A (sangat baik).

Sejarah UNPAD

Pemilihan nama “Padjadjaran” yang digunakan diambil dari nama kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjadjaran, yang dipimpin oleh Raja Prabu Siliwangi atau Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja di Pakuan Padjadjaran (1473-1513 M). Nama ini adalah nama yang paling terkenal dan dikenang oleh rakyat Jawa Barat, karena kemasyhuran sosoknya di antara raja-raja yang ada di tatar Sunda pada masa itu.

Universitas Padjadjaran didirikan atas prakarsa para pemuka masyarakat Jawa Barat yang menginginkan adanya perguruan tinggi tempat pemuda-pemudi Jawa Barat memperoleh pendidikan tinggi untuk mempersiapkan pemimpin pada masa depan. Setelah melalui serangkaian proses, pada tanggal 11 September 1957 Universitas Padjadjaran secara resmi didirikan melalui Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 1957, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 24 September 1957.

Pada awal berdirinya, Unpad memiliki 4 fakultas, saat ini telah berkembang menjadi 16 fakultas dan program pascasarjana. Program yang ditawarkan Unpad meliputi program doktor (S-3) terdiri dari 9 program studi, program magister (S-2) terdiri dari 19 program studi, 2 program spesialis, 5 program profesi, dan program sarjana (S-1) terdiri dari 44 program studi, program diploma III (D-3) terdiri atas 32 program studi dan program diploma IV (D-4) terdiri atas 1 program studi.

Unpad juga memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) sebagai wadah untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lahirnya Universitas Padjadjaran merupakan puncak dari gerakan pencerdasan kehidupan masyarakat Jawa Barat yang sudah dirintis oleh beberapa tokoh, antara lain Raden Dewi Sartika, Siti Jenab, Ayu Lasminingsih, K.H. Abdul Halim, dan K.H. Hasan Mustofa.

Kampus UNPAD

Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor berada di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kampus ini merupakan kampus utama yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas MIPA, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Farmasi, Fakultas Geologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Saat ini di Kampus Jatinangor tengah dibangun gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Perpustakaan Pusat, Laboratorium Bersama, dan 15 gedung baru lain yang akan selesai akhir 2016 ini. Selain dua kampus tersebut, terdapat pula beberapa kampus yang tersebar di beberapa lokasi di area Kota Bandung antara lain: Sekeloa, Singaperbangsa, Dago 4, Simpang Dago, Dago Atas, Dago Pojok, Banda, Cimadiri, Cisangkuy, Eikman, Pasirkaliki, Teuku Umar, dan beberapa tempat lainnya yang dimanfaatkan oleh beberapa unit di UNPAD.

Fakultas dan Program Studi UNPAD

Berikut ini merupakan daftar program studi di UNPAD beserta dengan fakultas.

1. Fakultas Hukum (http://www.fh.unpad.ac.id/)
Ilmu Hukum

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (http://www.fe.unpad.ac.id/)
Ekonomi Pembangunan
Manajemen
Akuntansi
Ekonomi Islam

3. Fakultas Kedokteran (http://www.fk.unpad.ac.id/)
Pendidikan Dokter
Pendidikan Dokter Spesialis
Kedokteran Hewan
Kebidanan

4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (http://www.fmipa.unpad.ac.id/)
Geofisika
Matematika
Fisika
Biologi
Kimia
Statistika
Teknik Elektro
Teknik Informatika

5. Fakultas Pertanian (http://www.faperta.unpad.ac.id/)
Agribisnis
Agroteknologi

6. Fakultas Kedokteran Gigi (http://www.fkg.unpad.ac.id/)
Pendidikan Dokter Gigi

7. Fakultas Ilmu Budaya (http://fib.unpad.ac.id/)
Sastra Perancis
Sastra Jerman
Sastra Rusia
Sastra Sunda
Ilmu Sejarah
Sastra Indonesia
Sastra Inggris
Sastra Arab
Sastra Jepang

8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (http://www.fisip.unpad.ac.id/)
Ilmu Administrasi Negara
Ilmu Hubungan
Internasional
Ilmu Kesejahteraan Sosial
Ilmu Pemerintahan
Antropologi
Ilmu Administrasi Bisnis
Sosiologi
Ilmu Politik

9. Fakultas Psikologi (http://psikologi.unpad.ac.id/)
Psikologi

10. Fakultas Ilmu Komunikasi (http://www.fikom.unpad.ac.id/)
Ilmu Komunikasi
Ilmu Perpustakaan
Hubungan Masyarakat
Televisi dan Film
Manajemen Komunikasi
Jurnalistik

11. Fakultas Keperawatan (http://fkep.unpad.ac.id/)
Ilmu Keperawatan
Fakultas Perikanan dan Ilmu

12. Kelautan (http://www.fpik.unpad.ac.id/)
Ilmu Kelautan
Perikanan
Fakultas Teknologi Industri

13. Pertanian (http://www.ftip.unpad.ac.id/)
Teknik Pertanian
Teknologi Pangan

14. Fakultas Farmasi (http://www.farmasi.unpad.ac.id/)
Farmasi

15. Fakultas Teknik Geologi (http://www.ftgeologi.unpad.ac.id/)
Teknik Geologi

16. Fakultas Peternakan (http://www.peternakan.unpad.ac.id/)
Peternakan

17. Pascasarjana (http://www.pasca.unpad.ac.id /Program)

Akreditasi UNPAD

Berdasarkan data akreditasi dari BAN-PT (November 2008), Unpad menempati posisi ke-4 perguruan tinggi yang paling banyak memiliki program studi S1 terakreditasi A (33 buah) setelah UGM 60, UI 37, dan IPB 37 program studi. Selain itu pada Februari 2014, berdasarkan data akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Unpad diakreditasi dengan nilai A dari jajaran 18 PTN/PTS yang terakreditasi A. Unpad merupakan perguruan tinggi dengan mahasiswa asing terbanyak ke-2 di Indonesia.

Rektor Universitas Padjajaran

Prof. Iwa Koesoemasoemantri (1957–1961)
Prof. Soeria Soemantri (1961–1964)
Moh Sanusi Hardjadinata (1964–1966)
Prof. RS Soeria Atmadja (1966–1973)
Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja (1973–1974)
Prof. Hindersah Wiraatmadja (1974–1982)
Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita (1982–1990)
Prof. Dr. H. Maman P. Rukmana (1990–1998)
Prof. Dr. HA Himendra Wargahadibrata (1998–2007)
Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA (2007–2015)
Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. (2015 – sekarang)

Demikian informasi mengenai profil kampus UNPAD Universitas Padjajaran Bandung semoga berguna dan bermanfaat untuk anda. Mohon maaf apabila ada kekeliruan atau ada informasi yang belum update. Terima kasih.

Leave a Comment